TopCareerID

Public Speaking, Skill yang Wajib Kamu Miliki untuk Survive di Dunia Profesional

TOPCAREER.ID Di dunia kerja banyak sekali skill yang perlu dimiliki. Kini orang berlomba-lomba menambah keterampilan dan skill mereka. Namun tidak jarang pula dari mereka yang sudah memiliki banyak keterampilan tetapi saat diminta untuk melakukan sebuah presentasi langsung merasa tidak sanggup.

Malu, nervous, tidak percaya diri, merupakan beberapa alasan klasik bagi seseorang untuk menolak ketika di minta berbicara di depan umum.

Padahal ada satu skill yang mungkin dirasa biasa saja namun akan sangat berguna bagi pengembangan diri di manapun kita berada. Public speaking, skill ini banyak disukai dan juga banyak yang menghindarinya. Disukai karena jika menguasai public speaking akan banyak benefit yang didapat untuk diri kita. Dihindari karena masih ada cukup banyak orang yang enggan untuk berani tampil dan bicara.

Dilansir Acethepresentation.com, ada beberapa keuntungan yang didapat apabila kita menguasai public speaking. Daripada terus merasa rasa malu untuk berani bicara dan tampil, yuk disimak keuntungan memiliki skill public speaking untuk pengembangan karir dan bisnis.

Berbagi pengetahuan
Dengan berani tampil di depan umum menyampaikan suatu hal yang harus disampaikan secara otomatis kamu akan berbagi pengetahuan yang kamu miliki kepada audiens.

Mengembangkan rasa percaya diri yang sehat
Rasa percaya diri yang positif bisa membantu dalam peningkatan karir. Dalam setiap perusahaan selalu ada jadwal untuk para karyawannya melakukan presentasi, jika kamu bisa memiliki skill public speaking yang baik, presentasimu akan baik dan bisa mengesankan atasan untuk menjadi nilai tambah kamu dalam peningkatan karir.

Memperluas pengetahuan
Untuk bisa memberi presentasi yang luar biasa, kamu akan berusaha untuk membuat sebuah presentasi yang layak dapat penghargaan, dengan begini kamu akan otomatis belajar dan lebih mengeksplorasi beragam ilmu pengetahuan.

Pidato yang baik bisa memperngaruhi karyawan
Bila kamu menjadi seorang atasan di sebuah perusahaan, public speaking skill bisa berguna bagimu untuk membuat sebuah pidato yang bagus, yang bisa mempengaruhi bawahanmu dengan cara dan pengaruh yang positif untuk mengembangkan perusahaan.

Terbiasa berpikir dan bernegosiasi dengan baik
Memiliki skill public speaking melatih keterampilan analisa yang kritis. Hal ini baik bagi pengembangan diri dan kemampuan negosiasi.

Meningkatkan kemampuan kepemimpinan
Terbiasa menguasai skill public speaking bisa meningkatkan kemampuan untuk mendengarkan. Dengan menjadi pendengar yang baik bagi sesama rekan kerja atau bagi bawahan, akan meningkatkan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Mengatasi masalah public relationship
Kepercayaan diri bisa meningkat bila menguasai public speaking. Kamu bisa menyelesaikan masalah PR dengan public dengan lancar dan nyaman karena sudah terbiasa memiliki skill public speaking.

Bisa langsung terhubung dengan pengambil keputusan di perusahaan
Saat presentasimu menarik dengan penyampaian yang baik juga. Ini bisa membuat orang penting dalam pengambilan keputusan di perusahaan akan tidak sungkan untuk berdiskusi dan sharing mengenai visi dan misi perusahaan. Hal ini menjadi nilai tambah yang positif untukmu.

Mempromosikan peluang kerjasama
Saat kamu terbiasa untuk berbicara di depan umum dengan skill public speaking yang baik. Kamu akan terlihat sangat meyakinkan, dengan begitu keyakinan yang sama akan bisa dipancarkan juga oleh kolega atau klien kamu dan bisa langsung tertarik untuk bermitra dengan perusahaan tempat kamu bekerja.

Cukup banyak keuntungan bila memiliki skill public speaking, tentu bila digunakan dengan benar untuk pengembangan bisnis dan karir di perusahaan. Jangan ragu untuk mengembangkan kemampuan public speaking dan raih banyak hal positif yang menguntungkan bagi perkembangan dirimu.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version