TopCareerID

Halo Newbie, Ini Do’s and Don’ts Dunia Kerja yang Wajib Kamu Miliki

TOPCAREER.ID Kamu newbie alias anak baru di kantor tempatmu bekerja sekarang? Atau, kamu baru menginjak dunia kerja setelah lulus kuliah? Apapun, ingat pepatah ini: di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. Istilah ini berlaku di manapun kita berada. Termasuk di kantor.

Entah newbie atau bukan, kita harus pandai bersikap dan menempatkan diri di lingkungan kerja agar pekerjaan dan hubungan dengan rekan kerja bisa berjalan lancar. Dengan perilaku yang baik, maka kita akan terlihat profesional di mata perusahaan. Profesionalitas dalam bekerja juga menjadi salah satu pertimbangan atasan untuk mempromosikan diri kita.

Untuk bisa bersikap profesional dalam pekerjaan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan di lingkungan kerja. Dikutip dari worketiquette.co.uk, berikut ini hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan (do’s and don’ts) di lingkungan tempat bekerja.

Yang tidak boleh dilakukan:

Bergosip
Jangan pernah terlibat untuk ikut membicarakan gosip, apalagi gosipnya tentang bos di kantor, menjelek-jelekkan perusahaan atau membicarakan hal buruk tentang rekan kerja. Hal seperti ini akan membuat kita tidak terlihat profesional.

Berkata kotor
Suka berbicara kasar ataupun berbahasa kotor di tempat kerja bisa mengganggu kenyamanan rekan kerja yang lain. Bahkan bisa menimbulkan pertengkaran apabila ditujukan ke sesama rekan kerja.

Jangan suka pamer dan sombong
Siapa sih yang suka dengan orang yang suka memamerkan apa yang dia punya, apalagi jika ditambah dengan sikap sombong. Jangan suka memamerkan sesuatu secara berlebihan dengan rekan kerja di kantor. Tidak hanya pamer barang, pamer tentang pencapaian yang sudah diraih juga sebaiknya dihindari. Selain membuat rekan kerja merasa iri, juga bisa membuat diri dijauhi oleh rekan kerja atau kolega.

Menghakimi rekan kerja
Ketika rekan kerja melakukan kesalahan yang menyebabkan ditegur oleh atasan, kita jangan serta merta ikut-ikutan menghakiminya, seolah-olah berada di posisi yang paling benar dan setara dengan atasan yang memberi teguran. Bisa-bisa rekan kerja di kantor memberi kita cap sebagai penjilat atasan.

Yang boleh dilakukan:

Respek dan sopan terhadap rekan kerja
Di lingkungan kantor tempat kita bekerja, suka tidak suka ada baiknya kita berlaku sopan dan respek terhadap sesama rekan kerja dan juga kepada atasan.

Tidak berbicara terlalu keras
Dalam sosialisasi di tempat kerja, jaga tingkat suara bicara pada level menengah, tidak terlalu plan ataupun terlalu keras. Dengan begini, kita tidak akan mengganggu rekan lain yang sedang fokus bekerjam dan rekan kita yang sedang bersosialisasi dengan kita juga merasa nyaman.

Ringan tangan
Mudahlah untuk membantu sesama rekan kerja atau atasan saat mereka membutuhkan bantuan, bahkan sebelum mereka meminta tolong, kita bisa tawarkan bantuan duluan. Dengan begini teamwork yang baik di lingkungan kerja akan terjaga dengan baik.

Bekerja dengan sigap dan cepat
Ingat, kita bekerja digaji perusahaan. Maka berikanlah kontribusi yang maksimal dengan bekerja cepat dan tanggap tanpa menunda-nunda pekerjaan. Selain terlihat lebih profesional, ini juga bisa membantu atasan memberikan penilaian yang baik. Hal ini juga akan menjadi salah satu bahan pertimbangan utama saat akan memberi promosi perbaikan penghasilan atau kenaikan jabatan.

Poin-poin yang boleh dilakukan dan jangan dilakukan di tempat kerja sebetulnya simple untuk dijalankan. Biasakan melakukan hal-hal yang dibolehkan di kantor agar pekerjaan dan hubungan antar rekan kerja berjalan lancar.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version