TopCareerID

5 Kebiasaan Ini Merusak Produktivitas Kerja

TOPCAREER.ID Sering kita jumpai di kantor orang-orang yang tidak produktif dalam bekerja. Mereka tidak selalu orang yang malas, tapi kebanyakan dari mereka lebih senang melakukan sesuatu yang tidak produktif. Hal seperti ini bisa merugikan rekan kerja dalam tim, bahkan perusahaan.

Kebiasaan buruk seperti itu jika dibiarkan berlarut-larut bisa menular ke sesama rekan kerja. Maka harus segera dihentikan untuk menghindari menurunnya produktivitas kerja. Sebagian orang yang sudah terbiasa melakukan kebiasaan buruk itu terkadang malah tidak merasa bahwa apa yang dilakukannya bisa merugikan perusahaan dan merugikan diri sendiri.

Coba deh cek kebiasaan-kebiasaan yang biasa kamu lakukan di kantor. Apakah masih produktif atau tidak. Dilansir dari thoughstabove.com, ini beberapa contoh kebiasaan tidak produktif yang sebaiknya dihindari.

Menggunakan sosmed secara berlebihan
Membuka sosmed memang sangat menghibur. Banyak informasi yang kita sukai di sana. Namun jika dilakukan secara berlebihan bisa menimbulkan kecanduan. Bila sudah kecanduan akan sangat mengganggu produktifitas kerja. Solusinya adalah tingkatkan disiplin diri dalam bersosial media dan batasi waktunya.

Kurang tidur
Orang yang kurang tidur akan memiliki efek samping yang buruk pada dirinya, terutama saat sedang bekerja. Tidak cukup istirahat membuat orang menjadi suntuk, tidak kreatif, dan sudah pasti tidak produktif. Aturlah waktu istirahat malam hari agar mendapat waktu tidur yang cukup.

Tidak mempunyai jadwal kerja
Membuat jadwal kerja merupakan rutinitas yang sebaiknya dilakukan oleh setiap karyawan. Ini bias membantu agar tidak bingung saat memulai pekerjaan dan bisa membantu untuk bisa bekerja lebih produktif.

Memaksa bekerja multitasking
Perusahaan memang menyukai orang yang sanggup menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus. Namun bukan berarti segala macam pekerjaan harus diselesaikan sendiri. Jika terlalu memaksakan multitasking bisa menurunkan produktivitas kerja. Selain karena kelelahan pekerjaan juga jadi berantakan. Jangan sungkan untuk meminta bantuan rekan kerja lain.

Suka menunda pekerjaan
Kebiasaan klasik yang hampir semua orang pernah melakukannya. Terlihat sepele tapi efeknya benar-benar merusak produktivitas kerja. Suka menunda juga bisa menjadi candu bagi orang yang terbiasa melakukannya. Tingkatkan level disiplin kamu dan patuhi to do list yang sudah kamu buat.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version