Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 17, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kiat Membangun Team Work yang Bisa Kamu Coba

Views

TOPCAREER.ID Bekerja dalam tim memiliki keuntungan dan kesulitan tersendiri. Semakin banyak tangan yang menuntaskan pekerjaan, semakin cepat pula pekerjaan selesai. Tapi semakin banyak kepala, semakin banyak pula ego dan keinginan yang tercetus. Makanya, tak sedikit pula yang lebih nyaman bekerja sendirian. Kamu tipe yang mana?

Jika kamu tergolong orang yang lebih nyaman bekerja sendirian namun terpaksa harus bergabung dalam sebuah tim, tak perlu khawatir. Dengan sedikit kesabaran dan kecermatan, pekerjaan pun akan rampung dengan sempurna.

Berikut beberapa tips membangun team work yang bisa kamu terapkan:

Amati dan pelajari sifat setiap anggota tim
Perhatikan pula kecenderungan terhadap hal-hal spesifik, seperti senang disanjung, lebih senang disapa daripada menyapa, atau yang pelit terhadap sanjungan. Dengan mengetahui sifat-sifat setiap anggota tim, kamu akan mampu menyelesaikan pekerjaan ini dengan lebih praktis dan menyenangkan, karena kamu telah mengetahui kelebihan dan kekurangan setiap anggota tim.

Dekati secara personal
Mendekatkan diri secara pribadi membuat kamu mengetahui bagaimana kondisi setiap anggota tim, baik secara fisik maupun psikis. Dengan begini, kamu dapat mengukur sejauh apa keberhasilan pekerjaanmu dengan anggota tim yang berada dalam kondisi tertentu.

Beri perhatian
Kalau kamu telah mengetahui sifat-sifat setiap personil tim dan kamu juga mengetahui bagaimana kondisi yang dialaminya, kini waktunya buat kamu memberikan perhatian yang sesuai dengan kondisi yang dialami setiap anggota tim. Tunjukkan kepedulian dan penyesuaian terhadap kondisi yang mereka alami. Tujuannya agar setiap anggota tim semakin bersemangat menyelesaikan project yang tengah berjalan.*

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply