TopCareerID

Munculkan Bakat MC, Menpan Gelar Lomba MC

TOPCAREER.ID – Dalam sebuah acara tidak lengkap rasanya tanpa kehadiran Master of Ceremony (MC). Tidak hanya membacakan urutan acara, seorang MC atau pemandu suara bertanggungjawab untuk memastikan acara berlangsung lancar dan tepat waktu. Pentingnya peran MC inilah yang melatarbelakangi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyelenggarakan lomba MC di Kantor Kementerian PANRB, Jumat (23/08).

Lomba MC ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam pekan olahraga dan seni (Porseni) di lingkungan Kementerian PANRB yang telah diselenggarakan sejak Jumat (02/08). Selain untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, lomba ini juga bertujuan untuk mencari dan menggali kader-kader atau talenta-talenta dari pegawai yang ada di Kementerian PANRB.

“Kementerian PANRB saat ini memiliki PNS dan CPNS muda yang cukup banyak jumlahnya. Ini menjadi kesempatan yang baik untuk menggali kemampuan dari ASN muda yang ada di kantor kita,” ujar Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Kementerian PANRB Sri Rejeki Nawangsasih, selaku Ketua Porseni 2019.

Lanjutnya dikatakan, dalam memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya Kementerian PANRB selalu melaksanakan kegiatan untuk menggali talenta-talenta ASN yang ada di Kementerian PANRB. Lomba MC ini salah satunya dilaksanakan untuk mencari ASN yang bertalenta dalam membawakan acara. Hal ini dilakukan mengingat setiap unit kerja memerlukan MC dalam setiap kegiatan, baik secara nasional maupun acara internal di Kementerian PANRB.

Plt. Kepala Bagian Komunikasi Publik dan Pelayanan Informasi Kementerian PANRB, Wasito, yang juga salah satu juri dalam Lomba MC, mengapresiasi peserta-peserta yang sudah aktif berpartisipasi dan sudah berani untuk menunjukkan potensi diri dalam memandu acara. Ia meyakini bahwa di Kementerian PANRB terdapat banyak ASN yang memiliki bakat menjadi MC. Bakat-bakat ini bisa terlihat melalui kegiatan lomba MC yang digelar oleh Kementerian PANRB.

“Kegiatan ini sangat bagus sebagai awalan dalam rangka mencari bibit-bibit terdepan, karena selama ini belum pernah diadakan lomba MC. Jadi ini baru pertama kalinya diadakan di Kementerian PANRB,” katanya.

Dikatakan, bahwa pemenang dari kegiatan lomba MC ini nantinya akan diberikan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dalam memandu acara, baik dalam acara formal dan non formal. Dengan diadakannya pelatihan bagi ASN yang memiliki bakat untuk menjadi pemandu acara, diharapkan akan bertumbuh ASN yang terampil dan profesional dalam menjadi MC.

Peserta lomba berfoto bersama para juri di cara Lomba MC yang digelar di Holding Room Kementerian PANRB, Jumat (23/8). Foto: Humas Menpan

Pada lomba MC ini peserta dinilai berdasarkan tiga kriteria, yaitu penampilan, intonasi rentang, dan ekspresi/bahasa tubuh. Sebanyak 13 peserta dari seluruh unit kerja berpartisipasi dalam lomba ini. Salah satunya adalah Nanang Khoiruddin, CPNS Analis Pelayanan di Kedeputian Pelayanan Publik.

“Ini pertama kalinya saya mengikuti lomba MC. Saya sangat bersyukur karena dengan diadakannya lomba MC ini saya bisa menemukan wadah untuk menyalurkan keterampilan public speaking saya,” ujarnya.

Menurutnya, lomba MC ini sangat bermanfaat karena dapat menjaring ASN di Kementerian PANRB yang memiliki potensi baru atau memiliki bakat terpendam yang belum tersalurkan. “Untuk teman-teman yang mungkin punya bakat atau talenta MC tidak perlu takut atau ragu untuk mencoba. Terkait dengan hasilnya, yang penting kita sudah berani mencoba dan menunjukkan sendiri potensi atau bakat yang kita punya. Kita buktikan bahwa harapan kita bukan hanya menjadi impian belaka, tetapi bisa menjadi kenyataan,” pungkasnya.

Exit mobile version