Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Setelah Lulus Kuliah Sebaiknya Kerja di Mana?

TOPCAREER.ID – Mungkin belum lekang dari ingatan kamu soal kabar viral yang semula tersebar di medsos tentang seorang yang baru lulus kuliah dari universitas negeri ternama yang menolak tawaran kerja bila tak digaji Rp 8 juta.

Kabar itu viral karena minta gaji sebesar itu tak lazim buat anak yang baru lulus kuliah alias fresh graduate.

Di luar kabar yang viral itu, mmang sih, setelah perjuangan yang melelahkan menyelesaikan studi, pasti ada pertanyaan lain soal karir. Banyak banget lulusan baru yang masih bingung mau kerja di perusahaan macam apa. Mungkin kamu salah satunya.

Mau startup atau corporate, digaji besar atau sewajarnya, apapun itu, yang penting jangan lupa memerhatikan hal-hal berikut seperti disarankan laman Kalibrr ini, ya!

Pastikan kamu dapat ilmu
Jangan cepat bangga, karena meskipun sudah lulus, ilmu kamu belum seberapa, lho. Masih banyak ilmu lain di luar sana yang mungkin nggak kamu temukan saat kuliah. Jadi, pastikan perusahaan pertamamu menjadi tempat terbaik untuk kamu belajar.

Potensi jenjang karir di masa depan
Jenjang karir juga menjadi hal yang layak diperjuangkan di masa depan. Apalagi kamu masih muda, masih bisa berkembang lebih jauh. Jadi, kalau perusahaan pertama kamu bikin kamu stuck, mending tak usah berlama-lama di sana. Cepat cari yang baru, deh.

Lingkungan kerja yang baik
Proses adaptasi pasti dibutuhkan banget buat kamu yang baru pertama kali kerja. Nah, lingkungan kerja yang baik, dengan orang-orang yang baik dan suportif pasti bisa membuatmu beradaptasi lebih cepat.

Kesejahteraan terjamin
Ini penting. Meskipun kamu baru pertama kali kerja, bukan berarti nggak boleh dapet kesejahteraan yang terjamin. Bukan perkara gaji yang besar, tapi lebih soal asuransi kesehatan dan tunjangan lainnya. Tanyakan benefit apa yang kamu dapat saat bekerja di sebuah perusahaan.*

the authorAde Irwansyah

Leave a Reply