TOPCAREER.ID – Dalam bekerja, akan ada banyak hal yang harus diselesaikan. Terkadang tumpukan pekerjaan membuat kita stres dan kehilangan fokus. Kegagalan dalam menyelesaikan pekerjaan sangat mungkin terjadi dan tidak bisa terhindarkan. Hal ini normal dialami semua orang yang bekerja. Banyak yang langsung merasa terpukul saat mengalami kegagalan.
Dalam bekerja secara profesional, kita harus pandai menyikapi setiap hal yang terjadi saat sedang bekerja. Termasuk kegagalan yang mungkin saja kita alami. Mengutip dari champleaders.com, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
Akui kegagalan
Jujurlah pada diri sendiri untuk mengakui kegagalan yang kamu alami. Menolak mengakui kegagalan hanya akan memperburuk keadaan mental dan ini tidak baik bagi produktivitas kerja kamu.
Tidak masalah untuk menyesalinya selama beberapa saat, ini baik untuk kesehatan mental. Tapi jangan mengambil waktu terlalu lama untuk meratapi kegagalan yang kamu alami. Jika terlalu lama justru akan menjadi penghambat kerja dan malah semakin menurunkan kinerja kamu di kantor. Akuilah, terima kegagalannya dan pahami ini adalah bagian dari pekerjaan yang memang harus dilalui.
Jangan anggap dirimu sebagai produk gagal
Anggapan seperti ini berbahaya bagi perkembangan dirimu dalam bekerja. Kegagalan terjadi karena sesuatu yang salah, bukan karena dirimu merupakan produk yang gagal. Seringkali kegagalan membuat diri menjadi berjalan di tempat karena takut gagal lagi. Justru seharusnya saat seperti ini membuat kamu untuk bisa melihat cara lain dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadikan semangat untuk bangkit agar bisa lebih kreatif lagi.
Jika kamu bisa menyikapi kegagalan dengan positif, maka kamu akan bisa untuk melihat dari banyak sisi dan mengambil banyak pelajaran dari sebuah kegagalan kerja. Ke depannya kamu bisa lebih berhati-hati dalam mengambil langkah untuk menyelesaikan sebuah tugas pekerjaan dan kamu bisa mengembangkan diri untuk menjadi orang yang lebih baik lagi dalam menyelesaikan pekerjaan.
Editor: Feby Ferdian