TopCareerID

Ingin Karier Meningkat? Perbaiki Etika dalam Bekerja

Topcareer.id – Kesuksesan dalam bekerja tak bisa hanya diraih dengan kontribusi kinerja saja. Kita juga harus memiliki etika yang baik.

Etika yang baik dalam dunia kerja akan membuat kita lebih terlihat profesional dan menarik perhatian atasan, rekan kerja, bahkan klien. Dikutip dari career.workoplois.com, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan agar kita dapat memiliki etika yang baik.

Penampilan

Saat berada di tempat kerja, tampil-lah dengan rapih dan berikan penampilan terbaik kita. Perhatikan dress code tempat kita bekerja, sesuaikan dengan aturan perusahaan. Penampilan yang baik mengesankan profesionalitas dalam bekerja.

Menjaga diri

Kesehatan dan kebugaran sangat penting dijaga agar bisa bekerja dengan maksimal. Dapatkan tidur yang cukup dan berolahraga secara teratur. Tidur yang cukup akan membuat kita bangun lebih pagi dan tidak telat sarapan. Kita pun tak perlu mengotori ruang kerja untuk sarapan yang telat.

Jadi, ketika atasan atau kolega datang ruang kerja, meja kita tetap terjaga bersih dan tidak terkontaminasi aroma makanan.

Hormati waktu kolega

Jika ada undangan rapat dari seorang kolega, hargai waktu mereka dengan datang tepat waktu. Berbicaralah seperlunya seputar pekerjaan. Jangan terlalu banyak bicara ngelantur yang di luar urusan pekerjaan.

Pisahkan kepentingan pribadi

Untuk tetap profesional dalam bekerja, kita harus bisa mengatur emosi agar tetap stabil. Pisahkan rasa sakit hati dari rekan kerja yang mungkin tidak satu visi dengan kita, dan jangan bawa masalah dari rumah ke tempat kerja. Kuasai emosi dan tetap tunjukan sikap respect, jadi kita tetap terlihat memiliki etika yang baik.

Bertanggung jawab

Berperilakulah layaknya orang dewasa yang profesional dengan bertanggung jawab terhadap semua hal yang akan kita kerjakan. Apabila kita pernah terlambat, akuilah dan jangan mencari alasan, lalu segera perbaiki dan jangan ulangi. Misalnya bisa dengan cara berangkat lebih pagi dan mengatur waktu dengan lebih baik.

Detail

Dalam bekerja kita harus sangat detail dalam menyelesaikan pekerjaan. Jangan sampai ada hal kecil yang terlewatkan untuk diselesaikan. Respect pada setiap orang. Di kantor kita bisa mempraktikan hal sederhana semacam ini dengan cara menyapa saat bertemu rekan kerja, membantu membukakan pintu, dan ramah terhadap siapapun.

Beri surprise

Setiap rekan kerja atau klien akan sangat senang apabila kita bisa perlakukan mereka dengan baik. Untuk meningkatkan hubungan kerja yang baik, sesekali kita bisa coba untuk memberi surprise kecil-kecilan kepada mereka seperti mentraktir ke kafe favorit. Perlakukanlah orang lain dengan baik seperti kamu ingin diperlakukan.

Dengan etika yang baik seperti ini akan banyak hal positif yang berdampak pada diri kamu. Atasan dan rekan kerja akan memberimu nilai plus dalam menjalankan kehidupan kerja di kantor. Perusahaan pun akan melihat etika mu sebagai salah satu pertimbangan untuk kenaikan karier.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version