TopCareerID

Raih Promosi Jabatan dengan 3 Langkah Tepat

Topcareer.id – Ada yang cepat naik jabatan, ada yang lambat. Ada yang tak perlu repot menonjolkan diri, ada pula yang sudah berusaha bekerja sekeras mungkin tapi tak kunjung di-notice atasan. Kamu termasuk yang mana?

Bisa saja sebetulnya hanya karena perusahaan terlalu banyak mengurus dan menghadapi bermacam-macam keperluan dengan karyawannya sehingga apa yang kamu lakukan jadi kurang mendapat perhatian.

Mengutip Forbes.com Kamis (29/08/2019) ada 3 langkah tepat yang bisa kamu coba lakukan untuk mendapat promosi kenaikan jabatan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Berikan hasil kerja terbaikmu

Apakah kamu sudah memberikan hasil kerja terbaik sepanjang karirmu? Buat rekam jejak kerja yang baik dan banyak. Seorang atasan di perusahaan tidak akan mengambil keputusan gegabah untuk mempromosikan anak buahnya agar naik jabatan.

Disini kamu perlu memberikan seluruh kinerja dan kontribusi terbaikmu. Lakukan setiap saat sehingga apa yang kamu lakukan bisa membuat banyak rekam jejak kerjamu. Berlombalah dengan rekan kerjamu. Pacu diri untuk selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Dari hasil kerja yang kamu torehkan ,rekam jejakmu akan dilihat perusahaan. Atasanmu juga akan bisa melihat bahwa kamu sudah siap serta kompeten untuk menerima tugas dan tanggung jawab yang lebih besar lagi.

Tunjukan skill yang diperlukan untuk tingkat jabatan yang lebih tinggi

Sudahkah kamu tunjukan skill dari diri kamu yang diperlukan untuk jabatan yang lebih tinggi? Cari tahu skill yang sangat dibutuhkan untuk jabatan yang lebih tinggi di atas kamu. Pelajari dan kembangkan diri untuk segera menguasainya.

Skill yang masih banyak jarang dimiliki karyawan yang mengajukan kenaikan jabatan untuk bisa menjadi seorang leader adalah komunikasi antar pribadi. Selain itu, perilakumu juga menjadi perhatian serius manajermu dalam mempertimbangkan kenaikan jabatan kamu.

Cobalah berperilaku layaknya seorang pemimpin. Tapi bukan berarti kamu mendadak menjadi bossy. Coba selesaikan pekerjaan dengan level yang lebih tinggi. Saat atasan sedang tidak ada, cobalah bantu handle pekerjaan atasanmu yang berhalangan hadir. Tentunya harus sudah ijin dan konfirmasi terlebih dahulu dengan atasanmu.

Dengan rutin melakukan hal ini maka akan banyak laporan positif mengenai dirimu. Ini hal baik bagimu karena atasanmu pasti akan memberi nilai lebih dalam pertimbangannya untuk menaikan jabatanmu.

Komunikasikan niat baik mu untuk naik jabatan

Masih banyak orang yang enggan menanyakan hal semacam ini kepada atasan. Bermacam-macam alasan mereka untuk tidak mengkomunikasikannya dengan atasan. Jika kamu merasa sudah menjalankan kedua langkah di atas, kamu tidak boleh ragu untuk mengkomunikasikannya secara intens dengan atasan.

Kamu tidak akan pernah tahu kapan bosmu akan menjawab permintaanmu ini. Tapi yang jelas atasan kamu akan mengingat dan mempertimbangkannya. Jangan sampai kehilangan kesempatan karena kamu enggan bertanya dan meminta kepada atasan kamu, bisa jadi atasan kamu akan mengambil kandidat lain.

Itulah 3 langkah penting yang harus kamu ambil ketika kamu menginginkan kenaikan jabatan. Jalankan ketiga langkah tersbut dengan elegan dan profesionalitas yang tinggi.

Percayalah jika kamu sudah menjalankan ketiganya, perusahaan tidak akan tinggal diam untuk lebih mempertimbangkanmu dan menaikan jabatanmu. *

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version