TopCareerID

Cara Menghadapi Situasi Tidak Nyaman di Kantor

Topcareer.id – Di perusahaan manapun kita pasti akan menjumpai banyak orang dengan karakter yang berbeda-beda. Ada yang ramah dan mudah dihadapi, ada juga yang sulit dan bahkan menjengkelkan.

Kebanyakan orang terbiasa membawa pola komunikasi sehari-hari ke dalam kehidupan profesional. Hal seperti inilah yang pada akhirnya membuat suasana di tempat kerja menjadi kurang nyaman.

Lalu, bagaimana cara menghadapi situasi yang tidak nyaman di tempat kerja agar tidak mengganggu kinerja dan produktifitas? Dikutip dari content.wisestep.com, berikut ini kiat-kiatnya.

Berhati-hati dalam berbicara

Lingkungan kerja merupakan area yang sensitif. Beberapa orang mudah tersinggung saat mendengar kata-kata yang menyudutkan.

Oleh karena itu, berbicaralah dengan pemilihan kata yang baik. Berlatihlah untuk tidak mudah membalas ejekan kecil. Ini tidak hanya mencegah pertengkaran tapi juga menghindari pemborosan waktu.

Daripada menanggapi ejekan, lebih baik gunakan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan dan meningkatkan keterampilan. Hal ini lebih berguna bagi kemajuan kariermu.

Jangan mengoreksi orang di saat yang tidak tepat

Jangan terlalu sering menginterupsi kesalahan yang dilakukan atasan atau rekan kerjamu saat ia sedang presentasi. Selain mengganggu fokus rapat, hal ini juga menyebabkan kamu tidak disukai karena dianggap sok tahu.

Sebagai gantinya, catat semua kesalahan yang kamu temui lalu luangkan waktu untuk diskusi empat mata. Lakukanlah dengan santai tanpa terkesan menggurui. Dengan begini hubungan profesional akan tetap terjaga dengan baik

Masalah higienis

Kamu mungkin punya beberapa rekan kerja yang memiliki bau badan yang mengganggu. Menyampaikan keluhan langsung dengan frontal akan berakibat buruk pada hubungan profesional.

Cobalah dengan cara yang lebih diplomatis, seperti memberi saran kepada rekan kerja kamu agar mencoba parfum edisi terbaru. Ini akan membuatnya merasa dihargai dan pesan kamu juga tersampaikan.

Jangan menghakimi

Masalah yang juga sering dihadapi dalam dunia kerja profesional adalah banyaknya penilaian berdasarkan asumsi semata.

Di kalangan profesional, kamu harus tetap berpikiran terbuka. Jangan terbawa oleh pikiranmu sendiri atau gosip yang disebarkan oleh orang lain.

Membicarakan kesalahan atasan

Terakhir, salah satu hal yang membuat lingkungan kerja tidak nyaman adalah membicarakan kesalahan yang dilakukan atasan.

Jangan terlibat dalam pembicaraan ini. Akan berbahaya jika suatu saat atasan kamu mengetahuinya. Bisa jadi kamu yang harus segera membersihkan meja kerjamu.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version