TopCareerID

Ingin menyerah? Lakukan 7 Hal Ini

Topcareer.id Saat berjuang mengembangkan karier, baik sebagai profesional maupun entrepreneur, akan ada masa kegembiraan, antusiasme, kreativitas, yang diikuti keputusasaan, dan keinginan untuk berhenti mengakhiri semuanya.

Bisa jadi, ketika kita tidak mendapatkan apa yang kita inginkan secara otomatis merasa keceewa dan ingin menyerah.

Sekali waktu, normal bila ingin menyerah. Tetapi tidak baik bila benar-benar menyerah. Mungkin kita kecewa saat mendapat banyak sekali cobaan. Pahamilah, tidak ada suatu impian besar yang bisa diraih dengan mudah.

Dikutip dari Lifehack.org Selasa (03/09/2019), ada 7 hal yang bisa dilakukan saat ingin menyerah.

Ingatlah kenapa kita memulai dan sangat menginginkannya
Ingat-ingatlah awal dari semua hal yang sudah kita perjuangkan selama ini. Ingat tujuannya, konsepnya, sukacitanya saat berpetualang menjalaninya. Renungkanlah dan tarik nafas dalam saat mengingat alasan mengapa kita memulainya. Hal ini bisa memotivasi dan mengembalikan mindset positif kita untuk tidak menyerah.

Lihat alasan mengapa ingin menyerah
Saat merasa ingin menyerah, cobalah untuk mencari tahu alasan untuk menyerah. Apakah kelelahan? Tidak mendapat dukungan? Kurang kemampuan? Tidak siap menghadapi kesulitan? Apapun alasannya kita harus mencari tahu, setelah mendapat alasan mengapa kita ingin menyerah atasilah masalahnya secara khusus. Jadi menyerah bukanlah sebuah keputusan yang tepat.

Pikirkan hasil akhir yang indah
Visualisasikan apa yang ingin kita capai dari usaha yang kita lakukan. Kapanpun merasa ingin menyerah, tanyakan pada diri sendiri apakah kita ingin menyerah atau ingin merasakan sensasi kemenangan yang indah.

Buat rencana dan backup plan
Sebelum memulai segalanya, kita pasti punya rencana dan rencana cadangannya. Saat merasa ingin menyerah, buka kembali daftar rencananya. Lihat di mana yang salah dan segera koreksi. Ini bisa mengembalikan fokus pada tujuan utama.

Cari dukungan
Jangan mengucilkan diri atau menyendiri saat merasa lelah atau gagal. jangan malu ataupun ragu untuk mencari dukungan dari orang lain. keluarga, rekan kerja, bahkan komunitas. Masih banyak orang yang akan dengan sukarela membantu.

Bersyukur sambil berjuang
Jika keinginan untuk menyerah datang, cobalah membuat daftar hal-hal yang bisa disyukuri dalam hidup. dari situ kita akan menemukan banyak hal positif.

Rayakan keberhasilan sekecil apapun
Rayakan keberhasilan walaupun kecil. Hal ini akan memberi energi baru bagi kita untuk kembali melanjutkan apa yang sudah kita lakukan menuju garis finish.

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version