TopCareerID

Bawa Bekal Makan ke Kantor Banyak Manfaatnya, Apa Sajakah?

Topcareer.id Ketika waktu istirahat makan siang datang, ada banyak pilihan makanan: mau yang murah meriah tapi kenyang atau yang sedikit mahal dan menyehatkan. Semua tergantung dirimu. Pilihan lain kamu bisa bawa bekal makan siang sendiri.

Ada beragam keuntungan ketika bawa bekal makan siang saat ngantor, selain tentu saja bisa berhemat. “Kita perlu memastikan bahwa kita makan siang yang sehat. Makan siang yang sehat memberi otak kita sumber energi Indeks glikemik (GI) rendah yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik,” kata Juru Bicara untuk Asosiasi Ahli Diet Australia serta ahli diet terakreditasi, Themis Chryssidis pada The Huffington Post Australia.

Themis Chryssidis pun menjabarkan beberapa manfaat terkait kesehatan yang bisa didapat jika kamu membawa bekal makan siang saat ngantor.

Jadi lebih banyak makan sayur

Menurut Chryssidis, orang Australia tidak memenuhi kebutuhan asupan sayur mereka karena lebih memilih makan sayur saat malam hari, bukan siang saat jam di kantor. Tapi, jika membawa bekal dari rumah, kamu akan lebih peduli untuk membawa makanan sehat seperti sayuran.

“Salah satu bahaya membeli makan siang adalah mereka umumnya rendah sayuran, jadi dengan membawa salad atau sisa makanan sendiri, itu membantumu benar-benar mendapatkan asupan sayuran.”

Anda mengkonsumsi lebih sedikit lemak, garam, gula dan energi

Ketika membeli makan siang di luar, kata Chryssidis, orang akan cenderung membeli makanan dari tempat-tempat seperti restoran, kafe, di mana lebih banyak makanan yang mengandung lemak jenuh, garam, gula dan asupan energi yang tinggi juga.

Sementara, mengurangi asupan lemak jenuh, natrium, dan gula dapat membantu kita mengatur berat badan dan mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan beberapa jenis kanker.

Tak ada soda tambahan atau godaan makan siang ekstra

Pernah dengar promo seperti, “Tambah Rp2ribu dapat ekstra soda.” Atau “Mau upsize nasi ke ukuran large.” Percayalah bahwa promosi macam itu bisa mengacaukan jadwal makan siang sehat kamu.

“Ini berpotensi menambah lebih banyak gula, lebih banyak garam dan lebih banyak lemak. Dan, sekali lagi, apakah kamu membutuhkannya? Mungkin tidak. Jika itu adalah minuman ringan, mungkin hanya akan memberimu energi tinggi dan kemudian crash di sore hari,” kata Chryssidis kepada HuffPost Australia.

Bantu cegah ngemil tak sehat saat jam 4 sore

Manfaat lain dari mengisi tubuh kita dengan makan siang yang bergizi dan padat adalah dapat membantu mengurangi keinginan untuk mengambil camilan sebelum makan malam yang sering tinggi gula, garam dan energi.

“Alasan mengapa makan siang begitu penting adalah karena, setelah makan siang yang tidak sehat, begitu banyak orang mencapai titik terendah sore itu. Begitu tiba di rumah, mereka menggerebek apapun yang ada di dapur,” kata Chryssidis.*

Editor: Ade Irwansyah

Exit mobile version