TopCareerID

Cara Mengingat Nama dan Tak Pernah Melupakannya

Topcareer.id Berapa kali kamu dapati berujar, “Saya masih ingat wajah kamu, tapi maaf, saya tak ingat lagi nama kamu”? Atau agar tak ketahuan kamu lupa nama seseorang, kamu pura-pura langsung sok akrab.

Percaya, deh, kamu pasti belum pernah bilang begini pada seseorang, “Hai, Niken. Saya masih ingat namamu, tapi saya lupa wajahmu seperti apa.” Mengapa kita bisa mudah mengingat wajah, tapi tak pernah bisa mengingat nama?

Well, sebab kita melihat wajah, bukan mendengar nama, demikian tulis Jerry Lucas, yang dipanggil “dokter memori” dan penulis buku The Memory Book. Pikiran kita mencatat secara otomatis gambar benda berwujud dan, yang lebih penting, dapat memunculkannya kembali hanya dengan memikirkannya.

Sebelum bersekolah, anak belajar dengan melihat benda berwujud yang ditunjukkan oleh orangtua. Gambar benda itu tercatat dalam pikiran dan tak pernah terlupakan. Namun, setelah bersekolah, anak diminta belajar huruf, angka, kata, dan lambang yang tidak berwujud. Karena tidak dalam bentuk gambar, informasi tak berwujud tidak secara otomatis tercatat dalam pikiran. Akibatnya, hal-hal yang dipelajari secara otomatis sebelum bersekolah menjadi perjuangan seumur hidup bagi banyak orang.

Sayangnya, nama termasuk dalam kelompok tidak berwujud. Jerry Lucas menyusun sebuah sistem untuk membuat nama memiliki wujud, sehingga mudah dipelajari.

Ia memberi tips empat langkah mudah mengingat nama orang yang bisa kamu praktikkan.

Langkah 1: Dengarkan, pahami, dan bayangkan
Kebanyakan orang bukan pendengar yang baik, dan dengan begitu, sulit mengingat nama setelah berkenalan dengan seseorang. Dengan melatih diri jadi pendengar yang baik, kamu bisa dengan cepat mengingat nama seseorang.

Setelah mendengar nama seseorang, proseslah nama itu dalam benak dan wujudkan sehingga bisa dibayangkan sebagai sebuah gambar. Misal, bila berkenakan dengan seseorang bernama Melati, wujudkan ia seperti bunga melati, bunga harum berwarna putih.

Langkah 2: Temukan ciri khas paling menonjol di wajahnya
Ini mudah dilakukan. Nama Rano Karno mudah diingat karena tahi lalat dekat dagunya. Angelina Jolie karena bibirnya yang seksi. Bila berkenalan dengan seseorang, cari fitur khas di wajahnya: hidung yang besar, tahi lalat di kening atau lainnya.

Langkah 3: Hubungkan nama bergambar dengan fitur wajah yang menonjol
Caranya begini. Misalnya, ciri khas Pipit adalah lesung pipinya. Sekarang, ingat terus itu. Visualisasikan namanya sambil kamu membayangkan mencolek lesung pipinya. Gambaran seperti itu meninggalkan kesan dalam benak yang mudah dimunculkan saat kamu bertemu kembali dengannya.

Langkah 4: Ingat nama, dan tidak pernah melupakannya dengan terus berlatih
Nama seseorang, ciri khas di wajahnya, dan gambaran kamu atas yang kamu lihat harus direkam dan dipelajari setiap waktu sampai kamu yakin mengenai namanya. Dengan cara ini kamu dapat mengingat ratusan nama dalam hitungan menit, seperti bertemu atau melihat seseorang berulang-ulang. Memunculkannya berulang-ulang menjamin keberhasilan!

Dengan berlatih terus-menerus kamu akan berhasil mengingat nama seseorang dengan mudah. Yuk, pratikkan.*

Sumber: Panduan Pakar untuk Menyelesaikan Segala Urusan dengan Cepat: 100 Cara Membuat Hidup Lebih Efisien, Gramedia Pustaka Utama, 2009.

Exit mobile version