Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Selasa, Juli 27, 2021
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Cara Mengingat Nama dan Tak Pernah Melupakannya

Topcareer.id Berapa kali kamu dapati berujar, “Saya masih ingat wajah kamu, tapi maaf, saya tak ingat lagi nama kamu”? Atau agar tak ketahuan kamu lupa nama seseorang, kamu pura-pura langsung sok akrab.

Percaya, deh, kamu pasti belum pernah bilang begini pada seseorang, “Hai, Niken. Saya masih ingat namamu, tapi saya lupa wajahmu seperti apa.” Mengapa kita bisa mudah mengingat wajah, tapi tak pernah bisa mengingat nama?

Well, sebab kita melihat wajah, bukan mendengar nama, demikian tulis Jerry Lucas, yang dipanggil “dokter memori” dan penulis buku The Memory Book. Pikiran kita mencatat secara otomatis gambar benda berwujud dan, yang lebih penting, dapat memunculkannya kembali hanya dengan memikirkannya.

Sebelum bersekolah, anak belajar dengan melihat benda berwujud yang ditunjukkan oleh orangtua. Gambar benda itu tercatat dalam pikiran dan tak pernah terlupakan. Namun, setelah bersekolah, anak diminta belajar huruf, angka, kata, dan lambang yang tidak berwujud. Karena tidak dalam bentuk gambar, informasi tak berwujud tidak secara otomatis tercatat dalam pikiran. Akibatnya, hal-hal yang dipelajari secara otomatis sebelum bersekolah menjadi perjuangan seumur hidup bagi banyak orang.

Sayangnya, nama termasuk dalam kelompok tidak berwujud. Jerry Lucas menyusun sebuah sistem untuk membuat nama memiliki wujud, sehingga mudah dipelajari.

Ia memberi tips empat langkah mudah mengingat nama orang yang bisa kamu praktikkan.

the authorAde Irwansyah

Tinggalkan Balasan