Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, September 16, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Presiden ke-3 RI BJ Habibie Meninggal Dunia

Views

Topcareer.id BJ Habibie, presiden ke-3 RI meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Rabu (11/9/2019) petang. Dari kabar yang tersebar di layanan pesan Whatsapp, beliau meninggal di usia 83 tahun pukul 18.05 WIB.

Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sehari sebelumnya, Habibie diberitakan meninggal dunia. Namun, kabar ini dibantah pihak keluarga.

Habibie adalah presiden RI pasca Soekarno dan Soeharto. Ia menggantikan Soeharto yang mengundurkan diri pada Mei 1998 menyusul gerakan Reformasi 1998. Sebelumnya, Habibie menjabat wakil presiden. Masa pemerintahan Habibie menandai dimulainya era Reformasi.

Di masa pemerintahan Habibie berbagai kemajuan terjadi, terutama terkait kebebasan berpendapat yang sebelumnya ditekan rezim Orde Baru. Sebelumnya, ia lama menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi di era Soeharto. Habibie pula yang turut menggagas kelahiran ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia).

Istri BJ Habibie, Hasri Ainun Habibie, telah meninggal dunia pada 22 Mei 2010. Selamat jalan, Pak Habibie. Jasamu pada negeri ini akan selalu dikenang. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply