Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, March 19, 2024
redaksi@topcareer.id
Profesional

Beda Laki-Laki dan Perempuan Saat Pilih Kerja

Topcareer.id Setiap orang punya alasan saat mencari pekerjaan impian. Tapi beda lho alasan perempuan dan laki-laki ketika mereka memutuskan melakukannya.

Survei terkait hal dirilis oleh Glassdoor yang menemukan, perempuan dan laki-laki menghargai hal berbeda ketika mencari kerja. Survei dilakukan terhadap 1.151 orang dewasa di Amerika Serikat yang semuanya bekerja atau secara aktif mencari pekerjaan.

Untuk perempuan yang disurvei, faktor yang terkait dengan kenyamanan adalah kuncinya. Persentasenya,secara signifikan perempuan lebih menyukai keseimbangan kehidupan kerja (47 persen wanita vs 39 persen pria), kerja yang fleksibel (49 persen vs 35 persen) dan jarak kantor (52 persen vs 43 persen).

Perempuan juga lebih memilih bos yang menawarkan transparansi gaji dan tunjangan penuh mereka (48 persen vs 40 persen) dan dapat menjelaskan bagaimana mereka bisa berkembang di perusahaan setelah bergabung (44 persen vs 34 persen).

“Mereka menginginkan sebuah perusahaan yang menunjukkan budaya yang positif, transparan, dan mendorong kebutuhan tenaga kerja,” kata Pakar Tren Glassdoor, Amelia Green-Vamos, seperti dilansir dari CNBC Make It, Jumat (13/9/2019).

Sementara untuk laki-laki, lebih peduli dengan kinerja keuangan perusahaan (29 persen vs 23 persen) dibanding perempuan. Mereka juga cenderung menggunakan investor pages sebagai sumber untuk meneliti perusahaan (20 persen vs 13 persen).

“Laki-laki menginginkan kesuksesan finansial yang kuat, dan (mereka) menggunakan ukuran itu untuk menentukan apakah pekerjaan itu cocok untuk mereka,” lanjut Green-Vamos.

Hasil survei ini sangat berguna dalam membantu manajer perekrutan memahami bagaimana pencari kerja membuat keputusan tentang perusahaan.

“Kandidat pekerja saat ini sangat teliti. Fakta bahwa fleksibilitas yang memungkinkan bekerja dari rumah ternyata lebih menarik bagi perempuan, perusahaan harus benar-benar mempertimbangkan siapa target kandidat mereka.”

Perusahaan yang tidak memiliki faktor-faktor utama yang dicari perempuan itu mungkin akan sulit untuk menarik bakat perempuan terbaik.

Green Vamos mengatakan, perempuan lebih suka perusahaan yang dapat mengakomodasi gaya hidup mereka dan memungkinkan mereka untuk tumbuh dalam karier mereka, terutama bagi mereka yang mempertimbangkan anak-anak dalam rumah tangga.

“Sedangkan laki-laki tampaknya tidak menunjukkan bahwa ini penting bagi mereka.”

Ada beberapa faktor yang jadi prioritas laki-laki dan perempuan dalam mencari pekerjaan, seperti rekam jejak perusahaan untuk mempromosikan diri, prospek bisnis yang menguntungkan dan gaji yang tinggi.

Menurut catatan Green-Vamos, ketika sebagian besar laki-laki selalu peduli dengan gaji tinggi, nyatanya hal ini belum berlaku pada perempuan.

“Karena ada peningkatan dalam inisiatif untuk memiliki kesetaraan gender, perempuan lebih mendapat informasi tentang gaji untuk peroleh kesetaraan upah. Mereka sedang melakukan penelitian.”*

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply