Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Tetap Sehat walau Duduk 8 Jam Sehari

Views

Topcareer.id – Kebanyakan pekerja kantoran menghabiskan delapan jam waktu kerjanya untuk duduk sambil menatap layar monitor.

Posisi duduk yang salah bisa membuat kita mudah lelah dan berdampak buruk terhadap kesehatan. Kalau dibiarkan, hal ini ditakutkan bisa mengganggu produktivitas kerja.

Untuk menghindarinya, cobalah beberapa tips posisi duduk yang benar seperti dilansir dari munfitnessblog.com, Senin (16/9/2019), berikut ini.

  • Sesuaikan ketinggian kursi sehingga pinggul berada pada posisi antara 90 dan 120 derajat. Jika kaki menggantung karena meja atau kursi terlalu tinggi, gunakan sandaran kaki.
  • Duduk tegak. Jangan condong ke depan terlalu lama karena bisa menekan punggung dan leher bawah.
  • Untuk relaksasi dan pergerakan yang nyaman, gunakan kursi dengan sandaran yang bisa dimiringkan ke belakang sekitar 15 derajat.
  • Siku harus vertikal di bawah bahu. Pilihlah kursi yang memiliki sandaran tangan.
  • Saat duduk, usahakan keyboard sejajar atau lebih rendah dengan sambungan siku.
  • Jangan terlalu lama memegang mouse. Karena bisa menyebabkan leher kaku. Coba hafalkan banyak shortcut keyboard untuk meminimalisir penggunaan mouse.
  • Sesuaikan tinggi duduk agar mata sejajar dengan bagian atas layar monitor sehingga bisa melihat secara horizontal. Hal ini akan mengurangi risiko sakit leher.
  • Jangan duduk terus menerus selama berjam-jam. Beristirahatlah dan berjalanlah keluar sebentar. Refreshing singkat bisa mengurangi efek tekanan pada tulang belakang.

Ayo mulai atur posisi duduk yang tepat. Selain terhindar dari resiko gangguan tulang belakang, produktivitas kerja pun akan meningkat.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply