Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, October 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

3 Langkah Cepat Atasi Blunder saat Wawancara Kerja

Views

Topcareer.id – Kurang persiapan atau rasa gugup bisa membuat wawancara kerja jadi tidak maksimal. Hal seperti ini memiliki potensi besar untuk membuat nama kamu tercoret dari daftar.

Karena itu, segeralah bertindak ketika kamu melakukan sebuah kesalahan saat wawancara kerja. Seperti dikutip dari madison, berikut beberapa langkah cepat yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki situasi.

Datang terlambat

Terlambat datang adalah kesalahan fatal. Jangan biarkan pewawancara membuang waktunya untuk berbagai alasan yang sama sekali tidak ingin ia dengar.

Sebelum jadwal wawancara dimulai, lebih baik segera hubungi apabila kamu mengalami masalah di perjalanan atau ada hal mendesak yang membuatmu terlambat. Minta maaflah dengan baik dan terimalah apabila ia menawarkan penjadwalan ulang.

Ingat, tips ini tidak berlaku kalau alasanmu adalah ketiduran. Antisipasilah dengan memakai alarm atau tidur lebih awal.

Salah jawab

Perlu diketahui kalau kesalahan-kesalahan kecil seperti suara bergetar atau kurang senyum tidak akan terlalu berpengaruh kepada hasil interview kerja. Pewawancara akan memaklumi kegugupan yang kamu rasakan sehingga tidak perlu terlalu dirisaukan.

Salah jawab di sini lebih mengarah ke kegagalan kamu dalam menjelaskan kemampuanmu atau kurangnya kamu memahami visi misi dari perusahaan.

Karena itu, begitu sadar kalau jawaban yang kamu berikan salah atau tidak nyambung, segeralah klarifikasi di jeda pertanyaan. Jangan diam saja dan membiarkan jawaban salah kamu tercatat ke dalam penilaiannya.

Gunakan referensi

Setelah wawancara berakhir dan kamu masih tidak yakin dengan apa yang kamu telah utarakan, ada baiknya untuk memberi beberapa referensi nama kepada pewawancara. Biarkan ia menghubungi mereka untuk mencari tahu kinerjamu yang sesungguhnya.

Terakhir, jika semua langkah ini telah kamu lakukan dan kamu tetap gagal, jangan berkecil hati. Jadikan momen ini sebagai pelajaran untuk lebih siap lagi dalam wawancara-wawancara berikutnya.*

Editor: Ade Irwansyah

feby@gmail.com'
the authorFeby Ferdian

Leave a Reply