Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Yuk, Pahami Efek Inovasi Teknologi pada Dunia Kerja

Views

Topcareer.id Perkembangan pesat teknologi telah membuat beberapa pekerjaan tradisional tergantikan. Ojek pangkalan diganti ojek online; wartawan media cetak kehilangan pekerjaan karena medianya digerus media online; guru bimbel digantikan bimbel online yang bisa diakses dari handphone.

Tambahan pula, gelombang teknologi baru seperti otomatisasi dan kecerdasan buatan terus dikembangkan. Alhasil, pekerjaan manusia kian gampang digantikan robot dan mesin.

Ada dampak positif dan negatif akibat perkembangan teknologi pada berbagai macam bidang pekerjaan. Dilansir dari Groupdiscussionideas.com, Kamis (19/09/2019). Berikut ini dampak positif dan negatifnya.

Dampak positif

  • Inovasi teknologi menghasilkan gaya hidup lebih baik
    Perkembangan teknologi meningkatkan konsumerisme dan menghasilkan banyak kesempatan kerja. Ketika sebuah produk makin banyak dikonsumsi, produk tersebut kian banyak diproduksi. Nah, untuk memproduksinya membuka lapangan kerja.
  • Teknologi bisa meningkatkan produktivitas kerja
    Membantu mengurangi beban pekerja dalam melakukan pekerjaan yang berulang. Para pekerja juga mendapat pelatihan untuk menggunakan teknologi baru dan ini menambah skill mereka.
  • Lowongan kerja meningkat
    Perusahaan jadi membutuhkan banyak karyawan berusia muda agar lebih cepat beradaptasi pada teknologi baru.
  • Membantu pertumbuhan ekonomi
    Perkembangan teknologi membuat perusahaan bisa menghemat biaya operasional. Dengan demikian mereka bisa memperluas usaha hingga ke pedesaan. Sehingga banyak membuka lapangan pekerjaan di daerah-daerah.
rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply