Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Kerja Shift Malam? Ini Tips Agar Tetap Sehat

Topcareer.id Tubuh manusia umumnya telah terbiasa untuk aktif siang hari dan istirahat malam hari. Bekerja malam hari akan mengganggu ritme sirkadian alami tubuh. Banyak fungsi tubuh seperti pencernaan, detak jantung, dan suhu tubuh semuanya diatur oleh sistem sirkadian.

Karena ritme sirkadian mengontrol bagaimana reaksi kimiawi dilepaskan di dalam tubuh, ini dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti kenaikan berat badan dan penyakit jantung saat tidak sinkron. Dan ini adalah risiko yang harus dihadapi oleh para pekerja shift malam.

Dikutip dari Kaylaitsines.com, Kamis (19/09/2019). Ada beberapa tips untuk menyesuaikan diri dengan shift malam agar tetap sehat.

Tidur yang cukup
Risiko bekerja shift malam bisa mengalami gangguan istirahat pada siang hari. Karena tubuh manusia terbiasa tidur malam hari, saat harus tidur siang hari akan agak sulit melakukannya. Coba ciptakan suasana seperti malam hari dengan menutup semua jendela dan gunakan penutup mata. Bila perlu tambahkan penyumbat telinga agar tidak terganggu suara aktivitas orang lain.

Berolahraga
Olahraga tetap harus dilakukan walaupun bekerja shift malam. Buat jadwalnya dan patuhi. Saat terlalu sibuk dan tidak bisa menemukan waktu yang tepat untuk berolahraga cobalah untuk tetap aktif di tempat kerja. Ambil waktu sejenak untuk sekedar berjalan atau naik turun tangga saat ada kesempatan.

Sedia makanan sehat
Bekerja shift malam membuatmu lelah dan lapar secara acak. Hindari ngemil junk food. Ini tidak baik bagi kesehatanmu. Agar tetap sehat bekerja shift malam persiapkanlah makanan sehat baik di rumah maupun di tempat kerja.

Buat jadwal makan
Saat jam makanmu berantakan karena bekerja shift malam, buatlah jadwal makan tiga kali sehari yang sesuai dengan jam kerjamu. Disiplinlah menjalaninya agar tubuhmu tetap mendapat asupan energi tepat waktu.

Hindari konsumsi terlalu banyak kafein
Daripada terlalu banyak minum kopi atau minuman berenergi lain yang memiliki banyak kandungan gula, cobalah ganti dengan konsumsi makanan sehat kaya energi alami seperti buah apel. Batasi minum kopi dengan rentang waktu empat hingga lima jam. Ini menghindari kamu sulit tidur saat pulang.

Kamu dapat menyesuaikan diri dengan kerja shift malam dan tetap sehat jika menerapkan strategi tepat dan berusaha disiplin menjalaninya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply