Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 24, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Digitalisasi Mendorong Perubahan Industri Konten Kreatif

Topcareer.id – Seiring dengan perubahan konten, cara menikmati konten kreatif pun beralih menggunakan smartphone yang bisa dinikmati dimanapun dan kapanpun. Hal ini membuat dorongan untuk menciptakan ekosistem yang nyaman di industri kreatif juga kuat.

Direktur Media dan Industri Konten Kementerian Ekonomi, Perdagangan dan Investasi (METI) Jepang Mika Takagi mengatakan dengan perkembangan media membuat masing-masing konten memiliki platform distribusi sendiri melalui saluran digital. Oleh karena itu, pelaku industri harus mampu mengikuti perubahan karena konsumen baru adalah generasi Z yang sangat digital dan lebih akrab dengan youtuber dari pada artis TV maupun film.

“Era media membuat era konten pun berubah. Dalam membentuk industri konten dibutuhkan kebijakan untuk reformasi manajemen digital seperti pembiayaan, produksi, HKI, dan distribusi,” ungkap Mika dalam acara Asia Content Business Summit (ACBS) 2019 di Golden Ballroom 3 The Sultan Hotel & Residence, Jakarta pada Jumat (20/9/2019).

Dukungan pengembangan pasar dapat dilakukan melalui kebijakan pemasaran ke luar negeri atau melaksanakan kegiatan bertaraf internasional. Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid menyampaikan sebelumnya Indonesia fokus pada pada high culture tapi saat ini, semua budaya didokumentasikan.

“Pemerintah Indonesia telah menyediakan dana abadi kebudayaan untuk mendukung pengembangan pengembangan seni dan budaya yang dapat mendukung pengembangan industri konten,” ujarnya.

the authorRetno Wulandari

Leave a Reply