Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Bersenang-senang di Tempat Kerja, dan Mengapa Itu Penting?

Topcareer.id – Bekerja tidak hanya datang pagi ke kantor, mengerjakan tugas yang diberikan atasan, istirahat makan siang, bekerja lagi, lalu sore hari pulang ke rumah. Bila rutinitas itu-itu saja yang kamu lakukan setiap hari, bukankah terasa membosankan? Ingat, bersenang-senang saat bekerja juga penting.

Bila tak sempat bersenang-senang di tempat kerja, kamu bisa mudah stres, lho. Kinerjamu juga bisa terganggu. Makanya, sangat penting menciptakan suasana yang sangat menyenangkan di perusahaan.

Penelitian yang diungkap Theonething, ketika perusahaan membuat karyawan mereka bahagia, maka mereka cenderung lebih puas dan senang dalam bekerja. Karena, karyawan yang bahagia, adalah karyawan yang melakukan tugas pekerjaannya lebih baik.

Kesenangan di tempat kerja telah dikaitkan dengan peningkatan motivasi, peningkatan produktivitas, mengurangi stres, kepuasan kerja lebih tinggi, peningkatan kinerja tugas. Karena bersenang-senang adalah salah satu cara untuk mengelola emosio karyawan secara efektif, membangun hubungan saling percaya dan juga meningkatkan kesetiaan karyawan.

Jika kamu merasa kurang bersenang-senang, berikut lima ide sebagai titik awal yang bisa dicoba.

Hari Jumat super sasual. Santai di hari jumat seperti membolehkan karyawan untuk bekerja dngan menggunakan jins ke kantor. Lalu beri hadiah kepada karyawan seperti makan siang bersama di kantor. Hal ini tidak hanya menciptakan lingkungan yang lebih santai tetapi juga mendorong adanya interaksi antara rekan kerja, yang terbukti meningkatkan kebahagiaan.

Adakan game atau kompetisi berhadiah. Dengan diadakan game antar karyawan dapat meringankan suasana hati. Dengan mengadakan tantangan setiap minggu atau bulannya, ini bisa menjadi motivator yang menyenangkan.

Buat jejaring sosial untuk mencintai kesenangan kamu sendiri. Ada beberapa aplikasi jejaring sosial di tempat kerja yang bisa digunakan pekerja. Seperti Yammer ini dalah salah satu layanan yang dapat digunakan untuk membuat jejaring sosial tempat para karyawan dapat memposting hal-hal yang lucu.

Luangkan waktu untuk merayakan kemenangan. Buatlah pencapaian sejarah yang dapat dirayakan oleh perusahaan dan juga karyawan. Insiatif seperti mengadakan pesta untuk seluruh karyawan. Hasilnya, karyawan akan bekerja keras karena mereka diberi imbalan atas upaya yang telah mereka lakukan. Mereka juga merasa kontribusi diakui. Atau biarkan karyawan memilih acara perayaan apa yang mereka maui?

Rayakan kesenangan di hari kerja. Buatlah waktu agar semua karyawan merasa senang di tempat kerja, seperti membuat permainan antara tim, nonton film bareng, atau piknik bareng. Bisa juga sekadar mengadakan makan siang bersama.

Penulis: Melisa Fitri
Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply