Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Jenis Musik untuk Meningkatkan Produktivitas Kerja. Apa Saja?

Topcareer.id – Mendengarkan musik dapat mendorong kreativitas, menghilangkan stres dan bisa menjadi terapi untuk kita lebih berkonsentrasi. Tapi ada beberapa jenis musik yang lebih ampuh dibanding jenis lainnya.

Yuk, kita cari tahu jenis musik apa saja yang dapat meningkatkan produktivitas kita saat bekerja.

Musik klasik
Beberapa penelitian mengklaim teori “The Mozart Effect” dapat membantu meningkatkan aktivitas otak dan baik untuk kesehatan mental, salah satu faktornya karena tidak adanya lirik dalam musik ini. Terkadang lagu yang memiliki lirik bisa menjadi gangguan ketika kamu mencoba untuk fokus dalam bekerja. Musik klasik dikenal juga sebagai penenang dan membantu mengurangi stres. Sebuah penelitian mengklaim jenis musik ini dapat membantu siswa tampil 12% lebih baik dalam ujian.

Berikut contoh pilihan musik klasik untuk meningkatkan produktivitas saat bekerja seperti Mozart, Beethoven, Vivaldi’s quick-tempo “Four Seasons”.

Musik alam
Mendengarkan suara-suara alam, seperti deburan ombak dan air mengalir telah terbukti meningkatkan fungsi dan konsentrasi kognitif. Penelitian yang dilakukan oleh Rensselaer Polytechnic Institute menyatakan, karyawan lebih produktif dan memiliki perasaan lebih positif ketika suara alam diputar menjadi latar belakang mereka saat bekerja.

Musik sinematik
Musik sinematik dapat membuat kamu lebih berkonsentrasi dalam bekerja. Musik sinematik juga dapat meningkatkan semangat dan membuat suasana hati kamu menjadi lebih baik. Jadi, jika kamu merasa lelah dan kehabisan tenaga, cobalah mendengarkan musik sinematik bergaya epik untuk memberi kamu motivasi ekstra dalam bekerja. Beberapa musik dalam film yang wajib kamu dengar antara lain, Inception, The Social Network, Moon, Lawrence of Arabia, Cloud Atlas, Amelie atau The Bourne Identity.

Musik video game
Mungkin ini terdengar aneh, tapi bekerja sambil mendengarkan musik pada video game dapat meningkatkan fokus dan produktivitas kamu. Musik dalam video game dirancang khusus untuk membantu pemain lebih fokus pada permainan.

Berikut beberapa pilihan musik video game yang dapat meningkatkan produktivitas seperti Battlefield One, Final Fantasy 7, The Legend of Zelda: Ocarina of Time, Assassin’s Creed 2, Halo atau The Elder Scrolls V Skyrim.

Musik dengan tempo 50 sampai 80 beat per menit
Beberapa penelitian mengemukakan musik dengan tempo 50 sampai 80 beat per menit dapat meningkatkan dan merangsang kreativitas. Terapis Perilaku Kognitif, Dr. Emma Gray bekerja sama dengan Spotify menemukan bahwa musik dengan tempo 50 sampai 80 beat per menit membuat otak berada di tingkat alfa.

“Ketika bangun tidur, gelombang otak diantara 14 dan 30 HZ. Saat gelombang otak melambat di antara 7 dan 14 HZ, manusia berada di kondisi yang lebih santai, dan lebih terbuka terhadap kritikan,” jelasnya. Contoh lagu pada genre ini seperti Mirrors-Justin Timberlake, Last Goodbye-Jeff Buckley, The Lazy Song-Bruno Mars dan Chasing Pavements dari Adele

Musik favoritmu
Mendengarkan musik favorit kamu juga bisa meningkatkan mood dan produktivitas kerja. Jadi saat kerjaan kamu menumpuk dan konsentrasi kamu hilang, cobalah dengarkan beberapa lagu favorit kamu.

Sumber : https://www.entrepreneur.com/article/325492

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply