Find Us on Facebook

Instagram Gallery

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Senin, Agustus 2, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bagaimana Komposer Menentukan Musik untuk Film?

Topcareer,id – Ada banyak faktor yang berkontribusi dalam struktur musik di sebuah adegan film.

Jessica Rae Hubber, seorang composer film dan televisi ditanya bagaimana menentukan jenis musik yang hendak ditulis, apakah berdasarkan adegan atau gambar?

Ia menjawab, visi untuk keseluruhan suara proyek berasal dari sutradara, produser eksekutif televisi, sutradara permainan, atau produser utama lainnya. Ini adalah dunia mereka yang telah mereka ciptakan dan komposer di sana untuk mewujudkan visi keseluruhan mereka.

“Saya biasanya mulai dengan mendapatkan sebanyak mungkin informasi tentang apa yang diinginkan sutradara secara sonik. Kami memiliki banyak percakapan tentang suara dan visi. Saya menggunakan petunjuk dari apa yang mereka katakan untuk menerjemahkannya ke dalam musik,” kata Jessica seperti dikutip dari Forbes, Minggu (29/9/2019).

Jessica melanjutkan, masing-masing proyek memiliki aturannya sendiri. Ada yang sangat jelas menentukan genre musiknya, ada juga yang memberinya kebebasan dalam berkreasi.

“Tidak ada metode yang benar atau salah. Setiap kolaborasi kreatif adalah unik dan setiap skor adalah produk dari hubungan saya dengan sutradara atau produser itu.”

Menurut Jessica, setelah suara-nya ditetapkan untuk suatu proyek, langkah-langkah selanjutnya biasanya akan jauh lebih mudah.

“Karena itu, awal dari proyek apa pun selalu yang paling membosankan namun sangat dibutuhkan, yakni bolak-balik antara saya dan sutradara. Ini adalah proses yang menyenangkan, sulit, dan bermanfaat!” ujarnya.

Editor: Feby Ferdian

Tinggalkan Balasan