Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Yuk, Coba Simulator Pesawat di I3E 2019, Gratis Lho!

Views

Topcareer.id – Simulator pesawat cessna 172 karya anak bangsa asal Yogyakarta sukses meraih perhatian di event Inovator Inovasi Indonesia Expo (I3E) yang digelar di JCC, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Simulator ini berupa replika ruang cockpit pesawat, serta gambaran kondisi luar yang diwakilkan melalui media penampil layar dan kendali sungguhan.

Proses pembuatan dan perakitannya konon hanya membutuhkan waktu sekitar 4 bulan saja. Semuanya dilakukan di bawah naungan PT. Sel Teknologi Indonesia.

“Kita membutuhkan waktu 4 bulan untuk membuat simulator ini. Mulai dari perancangan sampai jadi seperti sekarang ini. Dikerjakan oleh 6 orang, termasuk saya.” ujar Produk Designer PT. Sel Teknologi Indonesia, Wawan Andre kepada Topcareer.id di event tersebut.

Ilustrasi perbedaan antara simulator Grade A, Grade B, dan Grade C. Topcareer.id/Sherley Agnesia
Ilustrasi perbedaan antara simulator Grade A, Grade B, dan Grade C. Topcareer.id/Sherley Agnesia

Simulator yang mereka jual terbagi atas tiga golongan, yaitu simulator grade A, grade B dan grade C (custom). Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 450 juta hingga Rp 750 juta untuk 1 set simulator pesawat.

Selain menjual 1 set simulator pesawat yang biasanya digunakan untuk sekolah pilot, mereka juga menjual spare partnya secara terpisah.

“Banyak juga permintaan spare part untuk orang yang hobi di bidang ini. Jadi mereka bisa beli joystick, tortle dan alat-alat lainnya yang mereka butuhkan. Mereka beli terus tinggal disambungkan ke komputer dan install software, baru bisa digunakan,” tambahnya.

Harga spare part karya anak Yogyakarta ini tergolong jauh lebih murah daripada dengan produk luar lainnya. Jika biasanya untuk 1 setir dipasarkan seharga Rp 8 juta, mereka bisa menjual dengan harga Rp 5 juta dengan bahan dan kualitas yang sama.

Simulator pesawat cessna 172 tak hanya menarik perhatian anak muda saja. Topcareer.id/Sherley Agnesia

Ketika Topcareer.id mencoba simulator ini, semua fitur terlihat mirip dengan pesawat aslinya. Visualnya juga bagus karena bisa menggambarkan keadaan lingkungan yang menyerupai aslinya, sehingga terasa seperti sedang mengendarai pesawat sungguhan.

Tertarik coba? Buruan datang ke Inovator Inovasi Indonesia Expo di JCC, Jakarta. Acaranya berlangsung hingga 6 Oktober 2019 mendatang.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherly Agnesia

Leave a Reply