Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
ProfesionalTips Karier

Ingin Part Time Job untuk Tambah Penghasilan? Pertimbangkan dulu Hal Ini

Topcareer.id – Part time job selalu menjadi jalan keluar bagi siswa sekolah, ibu rumah tangga, dan pensiunan untuk menghasilkan uang ekstra.

Selain itu, pekerjaan ini juga cocok bagi yang sudah bekerja penuh waktu, namun masih ingin mencari penghasilan tambahan.

Namun, kita harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum bergabung. Karena terkadang pekerjaan paruh waktu bisa menjadi keputusan salah.

Dikutip dari moneyconnexion.com, Kamis (03/10/2019), hal pertama yang harus dipertimbangkan adalah jenis pekerjaannya, apakah online atau offline.

Jika online harus mempertimbangkan hal seperti:

  • Asli atau penipuan
    Faktanya 9 dari 10 part time job online merupakan penipuan. berhati-hatilah sebelum memilihnya.
  • Biaya pendaftaran dan keanggotaan berbayar
    Selalu menghindari mengambil part time job dengan keanggotaan berbayar. Karena itu, jika perusahaan online membebankan biaya pendaftaran, segera tinggalkan tawaran itu.
  • Cek Metode Pembayaran gaji
    Kamu perlu tahu kapan perusahaan akan membayarmu, setiap minggu atau setiap bulan. Lalu bagaimana ia akan membayar, melalui cek, akun PayPal, atau menyetorkan jumlahnya langsung ke rekening bank kamu. Oh ya, pastikan juga berapa banyak mereka akan membayar untuk kerjamu.

Sementara jika offline, kamu harus mempertimbangkan hal seperti:

  • Tanda tangan ikatan kontrak atau tidak
    Apakah kamu harus menandatangani ikatan kerja untuk bertahun-tahun ke depan. Jangan pernah menandatangani dokumen seperti itu untuk part time job.
  • Bagaimana upahnya?
    Perhatikan bagaimana perusahaan akan membayar. Umumnya dalam part time job offline kamu dibayar harian. Kalau kamu merasa jumlah bayaran tidak layak maka jangan bergabung.
  • Jam kerja
    Ini juga faktor penting untuk dipertimbangkan. Part time job merupakan pekerjaan dengan sedikit usaha Jika harus bekerja lebih dari yang dibayarkan, kamu bisa menolaknya.
  • Bisakah kamu berkembang?
    Apakah part time job kamu menawarkan hal baru untuk dipelajari? Apakah bayarannya sepadan? Jika jawabannya tidak, maka kamu hanya membuang waktu.
  • Apakah kamu bisa mengelola dua pekerjaan sekaligus?
    Menerima pekerjaan ini berarti harus mengelola dua pekerjaan sekaligus. Pertimbangkan sekali lagi apakah kamu sanggup mengerjakan kedua pekerjaan tersebut.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply