Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hilangkan Pikiran Negatif di Kantor, Begini Caranya

Topcareer.id – Kita semua pasti pernah terjebak dalam rutinitas kerja yang sangat menyita waktu, tenaga, pikiran, dan kehidupan.

Jika tidak pandai menyikapinya, semua perasaan negatif yang lahir dari hal itu bisa menyebabkan kesengsaraan, penurunan produktivitas, hingga merusak kesehatan fisik dan mental.

Untungnya, dilansir dari lifehack.org, Jumat (04/10/2019), ada beberapa strategi untuk mengindari diri dari pikiran negatif yang merusak.

Ceritakan
Saat kepala sedang dipenuhi pikiran negatif, cobalah menceritakannya pada kerabat terdekat. Sampaikanlah dan ajak mereka untuk menertawainya bersama-sama

Tertawa
Tertawa selalu menggerakkan kita pada pola pikir yang lebih baik. Tersenyumlah, katakan sebuah lelucon, atau ingatlah sebuah cerita lucu. Sesekali menertawakan diri sendiri juga bukan hal buruk.

Bicara pada diri sendiri
Katakan pada dirimu sendiri “Terima kasih telah berbagi” dan lanjutkan kegiatan. Tidak ada gunanya berkelahi dengan pikiran negatif karena hanya akan membuatnya semakin keras.

Tarik napas dalam
Tenangkan pikiran dengan menghentikan sejenak apa yang sedang dilakukan. Jejakkan kaki ke tanah, dan bernapaslah dalam-dalam. Nikmatilah setiap udara yang kamu tarik dan hembuskan sebelum merencanakan langkah selanjutnya.

Tetapkan batas waktu
Nongkrong dengan pikiran negatif tidak akan membuatnya hilang. Katakan pada diri sendiri bahwa kita tidak akan membiarkan pikiran negatif itu berulah lebih dari 5 menit. Kalau perlu set timer pada ponsel. Setelah berbunyi, jangan biarkan ia kembali.

Latihan Visualisasi untuk tenang
Coba fokus pada sumber pikiran negatif kemudian bayangkan bahwa kita sedang menjauhinya dan perlahan-lahan merasa tenang. Jelaskan dalam pikiran bagaimana nikmatnya perasaan tenang.

Fokus pada kekuatan sendiri
Ketika menemukan diri kita terlibat dalam perasaan negatif, luangkan waktu untuk menuliskan tiga hal yang kita sukai tentang diri kita. Ini akan membantu kita untuk bisa lebih fokus pada kekuatan diri kita.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply