TopCareerID

Kapan Hari Terbaik untuk Pesan Tiket Pesawat?

Topcareer.id – Biar dapat tiket penerbangan yang murah, ada trik-trik yang bisa kamu lakukan. Salah satunya memilih waktu booking dan hari berangkat yang tepat. Pemilihan waktu untuk terbang bisa berpengaruh ke dompet kamu.

Laporan 2018 dari Expedia dan ARC (ARC (Airlines Reporting Corporation) menunjukkan, hari minggu adalah hari termurah untuk memesan tiket ekonomi internasional dan domestik. Sementara sabtu dan minggu adalah yang termurah untuk penerbangan premium.

Namun, Editor AirFareWatchDog, Tracy Stewart mengatakan bahwa hari selasa kadang-kadang juga bisa menghemat uang untuk penerbangan. Maskapai penerbangan berbiaya rendah seperti JetBlue dan Southwest memang memiliki sejarah merilis harga jual pada Senin malam dan memiliki tiket murah untuk Selasa.

Sebuah penelitian oleh FareCompare.com juga mengklaim bahwa Selasa (pukul 3 sore) adalah waktu terbaik untuk membeli tiket.

Selalu ada perbedaan antara hari terbaik dalam seminggu, tapi jelas ada alasan selasa dan minggu disebutkan beberapa kali, jadi tidak ada salahnya untuk mengawasi hari-hari itu.

Expedia memberikan satu saran: ke mana pun kamu pergi, pesan tiket berangkat keberangkatan pesawat yang jatuh pada hari Jumat (departure).

Menurut temuan dari 2018, hari termurah untuk terbang secara internasional dengan kelas ekonomi adalah Kamis dan Jumat. Penerbangan ekonomi domestik paling murah dimulai pada hari Jumat, dan terbang internasional di kabin premium sebaiknya berangkat pada hari Jumat dan Sabtu.

“Akhir pekan adalah ketika para pelancong membayar ATP (average ticket prices) premium domestik dan internasional terendah, karena ini adalah saat yang paling tidak memungkinkan bagi pelancong  bisnis untuk memesan perjalanan mereka,” sebut laporan itu.

Sejauh ini, kamu telah memiliki beberapa waktu luang dalam memilih hari untuk berangkat, dengan hari Rabu, Kamis, dan Jumat menjadi hari termurah untuk penerbangan berangkat.

Di luar penjelasan di atas, penelitian Airfare 2018 dari CheapAir.com menemukan informasi yang sedikit berbeda.

Mereka mengklaim bahwa hari termurah untuk terbang adalah selasa dan rabu. Sementara hari yang paling mahal untuk terbang adalah hari minggu (ini sebenarnya masuk akal, karena sebagian yang sedang berlibur harus kembali bekerja pada hari senin).

Mereka menemukan bahwa terbang pada hari rabu akan menghemat rata-rata USD 76 atau sekitar Rp 1 juta per tiket.

Jika kamu menggunakan premium, itu cerita yang berbeda. Expedia menemukan bahwa tiket yang dikeluarkan pada hari Sabtu dan Minggu cenderung memiliki ATP terendah. Berangkat pada hari Jumat adalah termurah untuk penerbangan internasional dan domestik premium.

Nah, mau ikuti saran yang mana? Apapun itu, usahakanlah untuk memesan tiket jauh hari supaya kita bisa memilih harganya dengan maksimal.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version