Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Bekal Wajib untuk Berkarier di Perusahaan Multinasional

Topcareer.id – Saat ini bukan hal yang terlalu istimewa betul bekerja di perusahaan asing atau multinasional. Pemerintah membuka investasi lebar-lebar bagi beragam bisnis untuk perusahaan asing beroperasi di negeri ini. Jadi, kesempatan kamu bekerja di perusahaan multinasional kian terbuka.

Namun tentu bekerja di perusahaan nasional berbeda dengan bekerja di perusahaan multinasional. Paling kentara adalah bahasa. Di perusahaan multinasional, bahasa Inggris biasanya menjadi alat komunikasi resmi, entah saat berkirim email atau berkomunikasi dengan atasan/rekan kerja warga negara asing.

Kendati begitu, semua tergantung pada seberapa besar perusahaan tersebut beroparis. Di perusahaan nasional berskala besar pun, apalagi yang punya basis klien dengan orang asing, tak jauh beda dengan perusahaan multinasional.

Lalu, tergantung juga pada posisi yang kamu kerjakan. Beberapa posisi, yang tak bersinggungan dengan orang asing, tak memerlukan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni.

Hanya saja, ada dua hal yang harus kamu siapkan bila ingin berkarier di perusahaan multinasional.

Siapkan mental profesional
Mental profesuional berarti selalu siap sedia menerima tantangan. Siap bertemu dan mempelajari hal-hal baru. Serta mau bekerja ekstra keras dengan disiplin kerja dan disiplin belajar yang tinggi.

Kursus bahasa Inggris
Jika kendala bahasa mengganjalmu bekerja di perusahaan asing, segeralah luangkan wajtu mengambil kursus. Agar lebih efektif belajarlah di tempat kursus yang menyediakan komunitas bisnis atau komunitas para pekerja. Dengan demikian proses belajar akan lebih cepat karena didukung suasana dan semangat belajar yang sama, dengan bahasa Inggris yang sudah melekat dalam lingkungan tersebut. *

Catatan: Dimuat dalam rubrik “Career Coach” majalah Topcareer, edisi Februari 2012.

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply