Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jenjang Karier: Apa Sekretaris Selamanya akan Jadi Sekretaris?

Topcareer.id – Di sini ada sekolah khusus yang lulusannya diharapkan menjadi sekretaris handal. Tapi, apa lulusannya selamanya akan terus menjadi sekretaris? Adakah jenjang karier bagi sekretaris? Bisakah sekretaris banting setir pindah profesi ke bidang lain?

Dari pertanyaan di atas, dijawab yang kedua dahulu. Jenjang karier bagi skretaris tentu saja ada. Biasanya dimulai dari sekretaris junior, kemudian jadi sekretaris senior, dan biasanya puncaknya jadi sekretaris pribadi pemimpin perusahaan.

Untuk jawaban pertanyaan pertama, tak selamanya lulusan sekolah sekretaris harus jadi sekretaris. Sebagaimana lulusan ilmu komunikasi tak selamanya harus jadi wartawan. Pilihan pekerjaan tergantung pada minat, bakat, dan kemampuan. Yang punya bakat dan minat berwiraswasta mungkin akan lebih memilih jadi entrepreneur.

Sementara itu pula, tak diharamkan sekretaris beralih profesi di tengah jalan ke profesi lain. Agus Sutedjo, seorang professional career coach berkisah, beberapa sekretarisnya sudah banyak yang menjadi sales manager, investmen banker, pemilik beberapa restoran, serta national admin support head. “Bahkan mantan atasan saya di suatu bank asing dengan jabatan regional international banking director juga memulai kariernya dari seorang sekretaris,” ujarnya seperti diimuat majalah Topcareer edisi Februari 2002.

Jadi, tidak ada batasan usia ataupun latar belakang yang membatasi karier seseorang. Yang menghalangi seseorang berubah, catat Agus, adalah pikiran negatif atau pikiran comfort zone mereka sendiri. Orang sering mengeluh soal karier atau kondisi keuangan, tapi tak berbuat apa-apa. Hanya berandai-andai, atau hanya bicara banyak alasan, seolah ada sistem atau seseorang yang menghalangi mereka berubah. Padahal yang menghalangi adalah pikiran yang mereka ciptakan sendiri.*

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply