Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tidak Dapat Promosi, Begini Menyikapinya

Views

Topcareer.id – Tidak mudah untuk meminta promosi atau kenaikan gaji di tempat kerja. Luar biasa jika kamu mendapatkannya. Tetapi apa yang terjadi jika permintaan kamu ditolak?

Tidak mendapat promosi khususnya ketika kamu merasa layak mendapatkannya dapat melemahkan semangat dan mengecilkan hati.

Satu hal yang perlu diingat bahwa keputusan ini tidak selalu bersifat pribadi. Terkadang, keputusan merupakan hasil dari keterbatasan anggaran, politik kantor, tingkat kepegawaian, atau faktor lain.

Lalu apa yang harus kamu lakukan saat tidak mendapat promosi di kantor? Dikutip dari Thebalancecareers.com, Senin (07/10/2019), ada beberapa hal kamu bisa lakukan.

Biarkan emosimu keluar
Beri diri kamu waktu untuk memproses semua emosi. Beritahu teman dan biarkan mereka mendengarkan ceritamu. Sah saja jika kamu ingin meluapkan emosi. Karena tidak berhasil mendapat promosi memang mengecewakan.

Nilai permintaan promosi kamu
Coba pikirkan kembali apakah promosi ini akan menjadi pekerjaan impian kamu? Mengejar gelar lebih baik? Atau apakah kekecewaan kamu karena tidak mendapatkan kenaikan gaji? Cobalah untuk melihat situasi dari sudut pandang orang luar. Apakah kamu pantas mendapatkan promosi? Jika kamu melakukan pekerjaan tetapi kurang kreatif, mungkin masuk akal mengapa kamu tidak dipromosikan.

Tetap profesional
Jika kamu ingin mengeluh, menangis, atau merengek, lakukanlah dengan teman dan keluarga. Di tempat kerja, dan dalam percakapan dengan manajer tetaplah lakukan yang terbaik untuk membuat semuanya tetap profesional. Situasi seperti ini berpotensi canggung bagi semua pihak di kantor, dan respons kamu yang anggun akan sangat dihargai.

Minta feedback
Cobalah menghubungi manajer atau atasan lain yang terlibat dalam keputusan untuk melihat apakah mereka dapat memberikan feedback mengapa kamu tidak mendapatkan promosi. Cari tahu apa yang dapat kamu lakukan untuk membuat dirimu memenuhi syarat di masa mendatang.

Jangan membandingkan diri
Jika kamu tidak mendapatkan promosi sementara rekan kerjamu mendapatkannya, tolak desakan dari dalam diri untuk membuat perbandingan dengan rekan kerjamu. Ini tidak akan membuatmu dekat dengan promosi, tapi akan membuat kamu tampak remeh.

Rencanakan strategi lain
Perhatikan apakah promosi ini mungkin ada lagi masa mendatang, atau apakah sepertinya kamu akan selalu dilewati saat promosi? Jika iya, masuk akal bagimu untuk menyegarkan pencarian pekerjaan baru. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply