Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Friday, April 26, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hasil Riset: Wanita Bermakeup Tebal Kurang Penuhi Syarat Jadi Pemimpin

Topcareer.id – Para perempuan yang ingin naik jabatan di tempat kerjanya, mungkin bakal memperhatikan makeup keseharian biar lebih meyakinkan. Tapi menurut studi, perempuan yang memakai terlalu banyak riasan wajah malah dipandang kurang memenuhi syarat untuk posisi pemimpin.

Studi tersebut berasal dari para peneliti di Universitas Abertay, yang melakukan percobaan atas 168 orang dewasa (48 laki-laki dan 120 perempuan). Mereka diminta untuk melihat gambar dua perempuan yang diubah oleh komputer.

Dua wajah perempuan tersebut ditampilkan dengan berbagai riasan yang diaplikasikan. Mulai dari riasan yang benar-benar alami hingga tampilan wajah dengan riasan “social night out”.

Dua foto ditampilkan berdampingan dalam percobaan dan peserta diminta untuk menilai wanita mana yang tampaknya menjadi pemimpin yang lebih baik.

Para peneliti menemukan bahwa partisipan, baik laki-laki maupun perempuan, lebih sering memilih perempuan dengan makeup yang sedikit untuk pilihan yang lebih kuat.

“Penelitian ini mengikuti karya sebelumnya di bidang ini, yang menunjukkan bahwa memakai riasan meningkatkan seberapa dominan penampilan seorang perempuan,” kata Dr. Christopher Watkins, penulis utama dalam rilis di universitas.

Penelitian yang diterbitkan tahun lalu pada penyelidikan serupa menunjukkan bahwa perempuan menganggap perempuan lain yang memakai make up lebih dominan. Sementara laki-laki melihat perempuan ber-makeup memiliki gengsi yang lebih.

Hasil dalam tindak lanjut dari penelitian itu menemukan bahwa perempuan lebih cenderung untuk cemburu pada perempuan lain yang bekerja merias wajah. Perempuan menganggap mereka yang pintar bermakeup lebih menarik bagi laki-laki-dan juga lebih pemilih dalam pasangan.

“Sementara temuan sebelumnya menunjukkan bahwa kami cenderung menunjukkan rasa hormat kepada seorang perempuan dengan wajah yang cantik, penelitian baru kami menunjukkan bahwa makeup tidak meningkatkan dominasi perempuan dengan memberi manfaat pada bagaimana kami mengevaluasi dia dalam peran kepemimpinan,” ujar Watkins.

Jadi, jika kesan pertama adalah segalanya, mungkin yang terbaik, kadang-kadang, tidak melakukan apa pun untuk meningkatkan kecantikan alamimu. *

Editor: Ade Irwansyah

Leave a Reply