Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

CV dan Resume, Sama Tidak Sih?

Topcareer.id – Curriculum Vitae (CV) atau Resume sudah menjadi syarat utama ketika akan melamar pekerjaan.

Tapi, apakah kamu tahu ternyata CV dan Resume adalah dua dokumen yang berbeda? Jika kamu belum tahu, yuk simak informasi dibawah ini.

Dilansir Naukri.com, Kamis (10/10/2019), sebelum kita membahas mengenai perbedaannya, sebaiknya kamu mengetahui apa itu CV dan Resume.

Resume berasal dari kata Prancis, resume, yang berarti menyimpulkan dan biasanya berfokus pada keterampilan. Sedangkan CV merupakan singkatan dari curriculum vitae yang berarti cerita kehidupan.

Setelah mengetahui artinya, mari kita bahas apa saja yang membedakan CV dan Resume.

  1. Format
    CV biasanya ditulis dalam bentuk format kronologis yang dapat dicakup dalam 2 halaman. Sedangkan resume ditulis dengan format singkat yang biasanya dicakup kurang dari 2 halaman.
  2. Konten
    CV berisi informasi yang lebih mendetail tentang latar belakang pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dan deskripsi pekerjaan sepanjang karier kamu. Sedangkan resume memberikan fleksibilitas untuk menonjolkan keterampilan terbaik yang kamu miliki.
  3. Urutan
    Saat membuat CV, kamu mencantumkan semua pencapaian dalam urutan kronologis sesuai urutan terjadinya. Ini memudahkan perekrut memahami siapa kamu dan apakah kamu cocok untuk posisi tersebut. Sedangkan dalam resume, kamu bisa langsung loncat ke bagian kemampuan.

Sudah tidak bingung lagi, kan?

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply