Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Sedang Kerja dan Ada Gempa? Lari atau Diam?

Dok. Getty Images

Topcareer.id – Kamu bekerja gedung tinggi? Jika terjadi gempa, apa yang harus kamu lakukan? Apakah tetap stay di kantor atau harus berlari keluar gedung?

Saat kamu bekerja di gedung betingkat dan mengalami gempa, sebaiknya kamu jangan mencoba untuk meninggalkan gedung. Setelah gempa selesai barulah kamu dianjurkan untuk keluar meninggalkan gedung itu.

Baca juga: Benarkah Calon Ibu Kota Baru Aman Gempa?

Berada di luar dan menjauh dari bangunan bertingkat selama gempa bumi dan gempa susulan merupakan opsi terbaik, tetapi melintasi gedung-gedung bertingkat untuk menghindari gempa bumi adalah ide yang juga mengerikan. Jadi coba pertimbangkan hal-hal dari Forbes berikut ini.

  • Penelitian di Jepang menunjukkan berjalan atau berlari dengan jarak 3 meter saat gempa terjadi akan meningkatkan resiko kamu mengalami cedera.
  • Carilah tempat berlindung untuk menghindari puing-puing yang dapat menimpa kamu, karena kebanyak orang meninggal dunia karena terkena puing-puing bangunan itu sendiri. Kamu bisa bersembunyi dibawah meja ataupun di dalam lemari.
  • Ketika gempa terjadi, pasti banyak orang yang berbondong-bondong memakai tangga darurat untuk keluar dari gedung. Jadi berhati-hatilah. Kalau kamu kerja di lantai gedung teratas, kamu mungkin tidak bisa keluar dengan tepat waktu. Jadi carilah tempat-tempat yang memungkinkan kamu bisa bertahan hidup.
  • Jika kamu berhasil keluar dari gedung, kamu harus segera menjauhi gedung dan mencari tanah kosong untuk mengantisipasi gedung runtuh.
  • Dan tidak ada salahnya untuk mengetahui jalur evakuasi di gedung tempat kamu bekerja. Ini mungkin akan memberikan keutungan untuk kamu ketika terjadi gempa. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply