Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Cara Tingkatkan Personal Branding lewat Media Sosial

Topcareer.id – Kemajuan teknologi, khususnya media sosial, memungkinkan kamu menciptakan persona online yang mencerminkan nilai-nilai pribadi dan keterampilan profesionalmu.

Cara kamu berperilaku dalam dunia online sekarang sama pentingnya dengan perilakumu saat offline.

Membangun personal branding kamu di media sosial membutuhkan beberapa langkah. Mungkin melelahkan, tetapi itu bisa membuatmu mendapat peluang atau membantu kamu membina koneksi berharga.

Dikutip dari digitalmarketinginstitute.com, Jumat (18/10/2019), Berikut ini langkah untuk memastikan personal branding online kamu via media sosial berfungsi baik.

Perbarui akun media sosial sepenuhnya
Putuskan akun media sosial mana yang akan kamu fokuskan, dan hapus semua akun lama yang tidak lagi digunakan. Untuk jaringan yang akan kamu gunakan, pastikan semua informasimu lengkap dan akurat. Ini membantumu membangun lalu lintas ke jaringan di mana kamu bisa memamerkan pekerjaan atau produk kamu.

Identifikasi bidang keahlian kamu
Semua orang ahli dalam sesuatu, baik dalam pemasaran konten atau pun pengetahuan tertentu. Jadi, coba identifikasi konten kamu yang paling banyak ditanggapi. Bisakah kamu membuat konten serupa lainnya? Buat konten yang lebih unik dan menarik yang menggambarkan keahlian kamu.

Posting mudah dengan aplikasi
Banyak aplikasi media sosial yang tersedia untuk membuat hidup lebih mudah. Aplikasi autoposting memungkinkan kamu untuk menjadwalkan dan melakukan lintas posting di berbagai jejaring media sosial. Sehingga kamu tidak perlu kelimpungan lagi untuk melakukan posting.

Bagikan konten secara rutin
Asakan tidak berlebihan, semakin banyak kamu memposting, maka semakin banyak keterlibatan yang dapat kamu raih. Akan ada hari-hari ketika kamu tidak memposting, dan itu baik-baik saja. Analisislah data yang terkait dengan postingan kamu dan identifikasi pola yang sesuai untukmu.

Baca juga: Begini Cara Efektif Beriklan di Sosial Media

Repost konten menarik
Repost konten orang lain merupakan hal yang cerdas untuk dilakukan. Jenis konten harus menunjukkan bahwa kamu memiliki pengetahuan tentang tren terbaru beserta perkembangannya. Dalam melakukan repost, kamu juga harus memperhatikan peraturan copyright. Jangan lupa untuk menyertakan sumber.

Impor kontak
Kamu mungkin tidak sadar berapa banyak orang yang sudah kamu kenal di media sosial. Cobalah impor kontak dari email atau buku telepon ke jejaring sosial untuk mengetahui berapa banyak koneksi yang kamu lewatkan. Instagram, Facebook dan Twitter memungkinkan untuk impor kontak secara gratis.

Stay positive
Hindari posting atau komentar yang mengandung SARA. Sebaiknya hindari juga membuat komentar politik karena bisa dianggap menyinggung orang lain. Gunakan akun profesional kamu untuk membangun koneksi baru.

Bergabung dengan grup dan aktif di dalamnya
Gunakan kolom pencarian di setiap jaringan untuk menemukan grup yang ditautkan ke bidang keahlian khusus kamu. Grup media sosial bisa membuatmu memotivasi diri sendiri dalam mencapai tujuan, membuat kamu bertanggung jawab, mendapat ide dan feedback, percaya diri, memperluas jaringan, serta mendapat peluang dan meningkatkan keterampilan. Aktiflah dalam grup yang kamu ikuti agar semua poin tadi berkembang baik dalam dirimu.

Mempelajari influencer
Berhubungan dan berkolaborasi dengan influencer merupakan cara yang bagus untuk membuat brand kamu dikenal, tetapi itu membutuhkan waktu. Kamu harus menghabiskan waktu untuk belajar dan mengembangkan hubungan dengan influencer sebelum mereka melihat kamu sebagai seorang expert yang layak dikabarkan pada media sosial mereka.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply