- Advertisement -
TopCareerID

Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 26, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Peran Pemandu Gunung Bisa Kurangi Angka Kecelakaan Pendaki

Topcareer.id – Tren wisata mendaki gunung di kalangan anak muda sepertinya makin digemari. Tapi sayang, angka kecelakaan pendaki gunung juga meningkat 4 tahun terakhir.

Untuk itu, peran pemandu gunung sangatlah penting, terlebih untuk pendaki baru demi tercapainya pendakian yang aman.

Pada 2015, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) mencatat ada 12 kecelakaan pendakian. Pada tahun 2016 jumlah kecelakaan pendakian meningkat menjadi 15 kasus.

Memasuki 2017, jumlah kecelakaan pendakian kembali mencapai 15 kasus, dengan detail 7 pendaki meninggal dunia, 5 pendaki ditemukan sakit, dan 3 pendaki ditemukan sehat. Sementara di 2018, angkanya meningkat signifikan, yakni sebanyak 23 kejadian.

“Jalan-jalan treking naik gunung harus didampingi oleh guide. (Peraturan ini) kayaknya jadi wajib bagi orang-orang yang memang baru mau, baru ingin menikmati wisata pendakian gunung,” kata Ketua Umum Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI), Vita Cecilia kepada Topcareer.id, Jumat (2/8/2019).

Pendaki yang sudah berpengalaman pun, kata Vita, masih kerap menggunakan jasa pemandu lokal. Karena pada dasarnya pemandu gunung tak hanya soal menyediakan kebutuhan guiding (memandu) di perjalanan saja, tetapi juga soal persiapan kebutuhan, seperti logistik.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply