Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Tips Berbusana Kerja Gaya Bisnis Kasual

Topcareer.id – Saat pergi ke kantor atau bertemu dengan klien, perempuan dituntut untuk berpenampilan menarik, salah satunya lewat gaya pakaian bisnis kasual.

Tapi seperti apa pakaian bisnis kasual? Berikut tips atau aturan berpakaian bisnis kasual di kantor.

1. Jangan takut dengan warna berani dan cerah

Vicki Salemi, pakar karier untuk Monster, mengatakan semboyan warna adalah cara mudah untuk mencerahkan setelan hitam, abu-abu, atau biru tua yang sederhana.

“Warna-warna cerah membawa sedikit cahaya pada nada yang lebih tenang ini. Tapi jangan jadi gila. Merah adalah warna yang kuat. Dan ungu juga. Apakah saya akan menyarankan klien, kolega, atau teman untuk tampil mengenakan setelan ungu cerah untuk wawancara? Tidak,” katanya seperti dilansir dari laman Readers Digest.  

Baca juga: Busana Kantor yang Wajib Dimiliki Pekerja Pria dan Wanita

Tetapi tentu saja tidak masalah untuk mengenakan blus ungu atau sesuatu yang muncul dan berwarna-warni, bahkan dalam budaya yang lebih konservatif seperti jasa keuangan.

2. Jika baru di tempat kerja, dapatkan petunjuk dari rekan kerja terlebih dahulu

“Seorang pencari kerja pernah mengatakan kepada saya CEO-nya di sebuah agensi butik mengenakan jeans keren dan sandal jepit desainer. Dia bisa lolos karena dia paham budaya perusahaan,” kata Salemi.

Ia menambahkan, semakin kamu mengenal kolegamu dan sebaliknya, kamu dapat menunjukkan lebih banyak tentang kepribadian dan gaya pribadimu dengan pakaianmu.

3. Gunakan minim perhiasan

“Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada seseorang dengan gelang yang (suaranya) bisa kamu dengar ketika ia datang dari lorong,” kata Deyette.

Jadi pertimbangkan potongan yang lebih ringan, seperti kalung tipis atau gelang tunggal. “Perhiasan dan aksesorimu seharusnya tidak mengganggu,” kata Salemi.

4. Tutupi bahu

“Jangan pergi dengan bahu terbuka di kantor. Dalam kebanyakan kasus, jika kamu membutuhkan bra tanpa strap, kamu lebih baik menyimpan top itu untuk akhir pekan.”

Baca juga: Produk Ramah Lingkungan Bakal Jadi Tren Industri Fashion

5. Pilih denim gelap dan khusus

Deyette mengatakan jeans gaya celana panjang adalah pilihan yang tepat. “Gaya kaki lurus lebih konservatif dan mudah dipasangkan dengan jaket atau blazer,” katanya.

Dan berpegang pada warna yang lebih gelap, semakin gelap semakin baik. Inilah cara menemukan jeans terbaik untuk tipe tubuhmu. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply