TopCareerID

Kamu Introvert dan Harus Bekerja dalam Tim? Ini Solusinya

Ilustrasi. Sumber foto: Sumber foto: herrmann.com.au

Ilustrasi. Sumber foto: Sumber foto: herrmann.com.au

Topcareer.id – Kamu suka menyendiri dan tidak suka dengan keramaian? Mungkin kamu termasuk orang yang introvert.

Lalu bagaimana jika perusahaan mengharuskan kamu bekerja dengan tim yang melibatkan orang banyak?

Dikutip dari Payscale.com, Jumat (8/11/2019), Berikut beberapa tips sukses untuk seorang introvert:

Kenali diri kamu
Ketahui kekuatan dan kelemahan kamu di tempat kerja. Daripada kamu menghabiskan energi untuk melawan itu, sebaiknya terima diri kamu apa adanya. Jangan melihat hal tersebut sebagai kelemahan atau bahkan sebagai sesuatu yang ingin kamu ubah.

Percayalah para introvert memiliki keunikan sendiri seperti sebagai pendengar yang baik dan memiliki fokus yang tinggi. Jadi, terimalah diri kamu apa adanya. Ini akan membantu kamu menjadi lebih sukses.

Fokus untuk mendengarkan
Tidak semua kontribusi datang dalam bentuk percakapan. Menjadi pendengar yang baik sama pentingnya dengan berbicara.

Jadi, jika kamu berada dalam rapat dan tidak ingin banyak bicara, fokuslah dengan mendengarkan dan memahami sudut pandang orang lain. Kamu juga dapat mencatat poin pada diskusi itu, siapa tahu berguna di kemudian hari.

Baca juga: 6 Trik Introvert Pulihkan Energi Usai Bekerja

Berikan batasan
Pastikan untuk menetapkan batasan bersosialisasi dalam berkelompok sehingga kamu tetap nyaman. Tim yang baik selalu mendiskusikan harapan dan keinginan mereka, serta menghargai semua orang yang terlibat. Menetapkan dan mempertahankan batas yang tepat dan realistis akan membantu kamu menjadi yang terbaik.

Tawarkan lebih banyak solusi daripada masalah
Jika ada rekan tim yang negatif, biarkan saja dan beralihlah ke hal positif lainnya. Daripada menambah masalah lebih baik memikirkan solusi atas tugas tim yang telah menanti.

Miliki waktu sendiri
Orang-orang yang menikmati bekerja dalam tim cenderung merasa bersemangat akan pengalaman. Namun, tidak semua orang suka berada di dekat orang lain.

Jika kamu lebih suka bekerja sendiri, perhatikan hal itu saat mengatur jadwal kamu. Kalau kamu merencanakan rapat besar pada Senin pagi, maka luangkan waktu beberapa jam pada sore harinya.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version