Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Fakta dan Karakteristik Gen Z yang Wajib Kamu Tahu

Dok. Xactlydesign.com

Topcareer.id – Generasi Z merujuk pada generasi muda yang lahir antara tahun 1996 dan 2014. Generasi ini menonjol dari generasi sebelumnya seperti milenial dan generasi X.

Saat ini, usia generasi Z paling tua berumur 23 tahun. Di usia itu umumnya seseorang telah lulus kuliah dan memasuki dunia kerja. Sejumlah lainnya mungkin telah bekerja sejak lulus SMA, menikah dan punya anak usia batita. Ini artinya, sebagaimana kakak mereka yang milenial, generasi Z akan menentukan wajah dunia berikutnya.

Oleh karena itu, penting buat kamu paham karakteristik generasi Z. Dikutip dari info.jkcp.com, Selasa (12/11/2019) berikut ini fakta dan karakteristik generasi Z yang wajib kamu tahu.

Baca juga: Meski Fasih Teknologi, Gen Z Dinilai Belum Siap Kerja

  • Gen-Zers maju secara teknologi dan tahu cara menggunakan smartphone sejak usia dini.
  • Mengenal dunia maya sejak bayi, gen Z belum pernah melihat dunia tanpa internet. Mereka mengirim pesan pada aplikasi seluler atau platform online, kadang-kadang berbicara langsung melalui video call.
  • Karakteristik lain dari populasi Gen Z mereka menyerap banyak informasi baru setiap hari. Anak-anak Gen Z menghabiskan beberapa jam sehari di media sosial atau mencari informasi di internet.
  • Menurut infografis oleh Upfront Analytics, Generasi Z mempersepsikan informasi secara visual, sehingga kampanye pemasaran yang ditargetkan pada Gen Z berputar di seputar pengisahan cerita, video, dan bentuk visualisasi lainnya.
  • Mandiri, percaya diri dan otonom juga beberapa karakteristik kunci dari Generasi Z. Mereka tidak bergantung pada orangtua mereka. Alasannya bahwa internet dan teknologi memungkinkan para Gen Z untuk mulai menghasilkan uang pada usia lebih muda.
  • Sebanyak 72% siswa sekolah menengah saat ini berpikir untuk memulai bisnis mereka sendiri di masa depan. Sementara itu, 76% berharap bahwa pekerjaan masa depan mereka akan berasal dari hobi mereka.
  • Gen Z sadar lingkungan. Mereka menghargai gaya hidup ramah lingkungan dan sehat lebih dari generasi sebelumnya.
  • Multitasking juga merupakan salah satu sifat generasi Z yang positif. Karena kemampuan luar biasa mereka untuk memproses dan menyerap banyak informasi dalam hitungan detik, anak-anak Gen Z dapat dengan mudah menangani beberapa tugas sekaligus.

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply