Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Tren

Nadiem Makarim Masuk Daftar 100 Pemimpin Masa Depan Versi Time

Nadiem Makarim. (dok. Time)

Topcareer.id – Baru saja dilantik jadi menteri kabinet Indonesia Maju oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mendapat pengakuan dari majalah internasional, Time.

Majalah yang berbasis di New York, AS itu memasukkan nama Nadiem dalam daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Masa Depan atau Time 100 Next 2019. Daftar ini muncul di laman Time.com, Kamis (14/11/2019).

Nadiem, 35 tahun, masuk dalam kategori “Leaders” atau pemimpin. Kategori lainnya adalah “Artists”, “Advocates”, “Phenoms” dan “Innovators”. Wartawan Time, Amy Gunia menyebut penunjukkan Nadiem sebagai mendikbud membuatnya turut menentukan calon pemimpin masa depan dari Indonesia, negeri besar yang merupakan kekuatan ekonomi ke-16 dunia.

Baca juga: Lompatan Karier Nadiem Makarim Hingga Duduki Kursi di Kabinet Jokowi

Time mengutip Brian Harding, wakil direktur Center for Strategic and International Studies, “Makarim membawa (semangat) anak muda, kemelek-teknologian entrepreneur ke dalam kebinet (Jokow).”

Pemilihan calon orang berpengaruh di masa depan adalah kelanjutan tradisi Time yang tiap tahun, sejak 15 tahun yang lalu, menerbitkan daftar 100 orang paling berpengauh di dunia. Daftar itu biasanya di isi kepala negara (Presiden SBY dan Jokowi pernah masuk daftar), pemimpin perusahaan, bintang film box office, serta pemimpin yayasan global.

Namun, seperti disadari Time, berbagai perubahan di dunia saat ini bukan digerakkan oleh mereka yang berada pada posisi mapan. Namun, dari bawah, seperti protes murid-murid di Parkland, Florida, AS yang menggugat hak kepemilikan senjata pada 2018 dan aktivis lingkungan Greta Thunberg pada tahun ini.

Pengakuan dari Time pada Nadiem Makarim ini sepatutnya menjadi cambuk bagi sang menteri untuk memajukan pendidikan menuju Indonesia jadi negara maju pada 2045.*

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply