Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Yang Harus Diperhatikan saat Isi Baterai Smartphone

Topcareer.id – Mengisi baterai semalaman, atau membiarkannya hingga 0 persen sebelum sempat di-charge adalah hal-hal yang bisa membuat masa pakai baterai smartphone-mu lebih pendek.

Yang pasti, ada hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama charging handphone (HP) biar awet, menurut Business Insider.

Isi sedikit demi sedikit, kapanpun memiliki kesempatan

Cukup sambungkan kapan saja kamu bisa, bahkan jika itu untuk beberapa menit, dan itu akan baik-baik saja. “Partial charge ini tidak membahayakan,” tulis Battery University, website edukasi yang menawarkan informasi terkait penanganan baterai.

Jangan biarkan sampai 0 persen

Battery University kerap mengingatkan apa yang disebut deep discharges, yakni ketika kamu menggunakan smartphone sampai baterai hanya tersisa sedikit. itu akan menguras baterai.

Samsung juga menggemakan saran itu dalam sebuah posting blog yang menawarkan tips tentang memperpanjang usia baterai ponselmu.

Usahakan menjaga tingkat daya baterai antara 65 persen dan 75 persen

Menurut Battery University, baterai lithium-ion di smartphone akan awet jika kamu mampu mempertahankan minimal 65 persen hingga 75 persen setiap saat.

Jelas, tidak praktis untuk selalu mengisi daya telepon di antara level-level tersebut, tetapi setidaknya kamu tahu apa yang ideal.

Jika tak sempat, jaga tingkat pengisiannya antara 45 persen dan 75 persen

Kisaran pengisian baterai terbaik kedua untuk smartphone adalah 45 persen hingga 75 persen. Ini mungkin jauh lebih realistis bagi kebanyakan orang setiap hari.

Jika kamu terbiasa menjaga tingkat pengisian daya ponsel antara 25 persen dan 75 persen, tenang saja, ini juga tidak akan menyebabkan terlalu banyak kerusakan jangka panjang.

Jangan pernah mengisi penuh baterai, terutama dari tingkat pengisian daya rendah

Mengisi daya baterai ponsel hingga 100 persen dari 25 persen atau hampir berapa pun jumlahnya, dapat mengurangi kapasitasnya dan mempersingkat masa pakai.

Menurut Battery University, sebenarnya, lebih baik tidak mengisi penuh karena tegangan tinggi juga bisa mempersingkat usia baterai.

Hindari mengisi daya baterai smartphone semalaman

Terakhir, supaya baterai awet, segera cabut setelah mencapai 100 persen.

Editor: Feby Ferdian

Leave a Reply