TopCareerID

Kisah Lebah Mencari Ibunya, Jadi Maskot Alfamart dan Diterima CPNS Ditjen Pajak

Maskot Alfamart dan Ditjen Pajak RI. (Dok. Istimewa)

Topcareer.id – Apakah kamu perhatikan kalau maskot Alfamart dan Direktorat Jenderal Pajak (Ditjen Pajak) RI punya maskot sama, yakni seekor lebah. Kenapa pilih lebah dan bukan hewan lain?

Masing-masing punya alasannya. Alfamart menamai maskotnya seekor lebah bernama Albi. Di laman resmi Alfamart ditulis, “Albi si lebah yang ramah adalah karakter yang menyenangkan dan siap membantu siapa saja yang membutuhkan pertolongan.”

Baca juga: Jangan Anggap Remeh Logo Sebuah Brand, Ini Alasannya

Disebutkan pula Albi melambangkan karyawan Alfamart yang siap membantu pelanggan dengan ketulusan untuk melayani. “Albi mengedepankan kehidupan dan tujuan kolektif, menghindari konflik, dan selalu tanggap akan perubahan di sekelilingnya.”

Lantas, apa arti maskot lebah buat Ditjen Pajak? Ajan Suparjan menulis laman Kompasiana pada 2015, maskot lebah di lembaga pemerintah itu bernama Kojib yang merupakan singkatan dari Kontribusi Wajib. Demikianlah pengertian pajak, kontribusi wajib untuk setiap warga negara.

Baca juga: Barang Hilang di Toko Tekan Karyawan Alfamart, Indomaret, dll. Begini Atasinya

Kojib diperkenalkan sebagai maskot saat Sunset Policy tahun 2008 dan terus digunakan hingga kini. Tidak ada penjelasan resmi soal pemilihan lebah sebagai maskot, namun Ajan menulis, lebah memiliki kemampuan mengumpulkan saripati dari banyak bunga, yang kemudian dijadikan madu yang bermanfaat untuk makhluk hidup lain.

“Begitu juga dengan Pajak, diharapkan dapat mengumpulkan dana dari masyarakat dan dikembalikan lagi kepada masyarakat berupa sarana publik, fasilitas umum dan lain-lain yang tentunya akan bermanfaat bagi masyarakat,” tulis Ajan di Kompasiana.

Baca juga: Peringati Hari Batik Nasional 2019, Logo Google Dibuat dari Batik Asli

Belakangan soal lebah ini viral lagi di media sosial. Mulanya pemilik akun @Diegukguk mengunggah twit akun Ditjen Pajak (@DitjenPajakRI) yang memperlihatkan si Kojib memegang kartu NPWP dan ia beri komentar: “Lama ga liat maskot alfamart taunya lolos CPNS.”

Yang kocak komentar turunannya. Sebelum kerja di Alfamart dan kemudian lolos CPNS di Ditjen Pajak, sang lebah telah lama mencari ibundanya ke mana-mana.

Ya, kamu betul, sang lebah sebenarnya adalah Hachi si lebah madu yang bertualang sambil mencari ibunya. Masih ingat lagunya? Yuk, nyanyi bareng: “Mama …/ Mama …/ Di manakah kau berada?// Mama …/ Mama …/ Ingin sekali ku bertemu//” *

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version