Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Barang Hilang di Toko Tekan Karyawan Alfamart, Indomaret, dll. Begini Atasinya

Dok. Asiantrader

Topcareer.id – Bagi yang bekerja di perusahaan toko-toko swalayan atau ritel macam Alfamart, Indomaret dll, nilai barang hilang (NBH) atau shrinkage merupakan masalah umum. Shrinkage dialami akibat pencurian oleh karyawan ataupun customer, pengutil, kesalahan administratif, dan penipuan vendor.

NBH yang terjadi di toko swalayan menjadi tanggung jawab karyawan toko. Mereka biasanya diminta mengganti NBH dengan potong gaji.

Sebagai karyawan, pemilik atau manager dari toko ritel harus mengambil pendekatan proaktif untuk memerangi shrinkage di toko agar bisa meningkatkan profit serta tak dipotong terus setiap gajian.

Baca juga: Beda Personal Stylist dan Personal Shopper

Dikutip dari Cashtechcurrency.com, berikut ini beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi shrinkage dalam bisnis ritel.

Tingkatkan akuntabilitas karyawan
Pertanggungjawaban karyawan bisa sulit dipertahankan di ritel di mana sering ada tingkat turnover yang tinggi. Meningkatkan akuntabilitas atau rasa bertanggung jawab karyawan merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengurangi shrinkage atau barang hilang.

Pantau terus praktik manajemen kas mereka serta tetap mengikuti info ter-update total uang tunai dan memastikan bahwa setiap mesin kasir direkonsiliasi pada setiap pergantian shift.

Latih staf untuk mengikuti kebijakan dan prosedur keamanan
Pelatihan staf merupakan aspek penting dari setiap bisnis ritel untuk memastikan bahwa kebijakan dan prosedur perusahaan diikuti. Staf harus memiliki pengetahuan tentang cara terbaik mencegah pengutilan dan kepada siapa mereka harus melaporkan contoh dugaan pengutilan.

Memberi staf kursus tentang pencegahan pengutilan seperti menyapa setiap pelanggan, mengawasi pelanggan, menawarkan bantuan kepada pelanggan, dan lain-lain akan sangat membantu mencegah pengutilan yang terjadi di toko ritel.

Baca juga: Ingin Percaya Diri Meningkat? Begini Caranya

Pertimbangkan tata letak toko
Jika toko dipenuhi dengan unit rak tinggi dan lorong yang diblokir, itu membuat staf lebih sulit untuk memantau pelanggan saat mereka berjalan mengelilingi toko. Jika memungkinkan gunakan rak toko jenis convenience store yang pendek. Pastikan bahwa staf memiliki jangkauan visibilitas yang baik ke seluruh toko. Hal ini akan menghalangi pelanggan untuk mencoba mengutil.

Jalin hubungan baik dengan divisi lost and prevention
Jika setiap orang bekerja bersama, pencegahan kerugian bisa lebih efektif. Penting untuk mendorong staf toko untuk peduli mencegah pencurian internal dan eksternal. Tetapkan pedoman dan prosedur bagaimana staf dapat dengan melaporkan dugaan pencurian pada divisi lost and prevention. Ini akan membuat mereka merasa nyaman dan percaya diri dalam mengungkapkan pengamatan mereka.

Investasi dalam teknologi manajemen kas otomatis
Ini merupakan salah satu cara paling efektif untuk menekan shrinkage di toko ritel. Teknologi manajemen kas mengurangi sentuhan dengan uang tunai yang dilakukan oleh staf. Ini juga meningkatkan keamanan dan efisiensi operasional harian toko ritel. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply