Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Merekrut Manajer Baru

Topcareer.id – Dalam merekrut manajer untuk dipekerjakan di perusahaan memerlukan strategi yang berbeda pada proses perekrutannya.

Untuk mendapat kandidat terbaik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh HRD perusahaan dalam merekrut seorang manajer, mengutip Talentmarket.org, Sabtu (23/11/2019)

1. Ini bukan tentang dirimu
Sebagai manajer HRD selama proses wawancara hindari kesalahan dengan berbicara terlalu banyak tentang perusahaan, dan menyisakan sedikit waktu bagi kandidat untuk berbicara.

Baca juga: Tips Menghadiri Wawancara Kerja Saat Masih Bekerja

2. Wawancara kandidat dengan staf lain
Izinkan anggota staf lain untuk ikut mewawancarai kandidat manajer. Tidak hanya akan membantu mendidik orang yang diwawancarai tentang lingkungan di organisasi tetapi juga akan memberimu lebih banyak poin data tentang kandidat.

3. Persiapan
Bahkan jika kamu hanya punya waktu lima menit, tinjau resume kandidat, catat beberapa pertanyaan spesifik untuk kandidat, dan kumpulkan daftar pertanyaanmu.

4. Minta feedback dari staff
Setelah wawancara, minta anggota staf yang berinteraksi dengan kandidat untuk mendapatkan feedback mereka. Jawaban akan pandangan mereka terhadap kandidat manajer baru bisa membantumu memberi penilaian.

Baca juga: 6 Kesalahan Fatal Saat Wawancara Kerja Menurut CEO

5. Masalah uang
Manajer juga ingin mencari nafkah yang baik dan memenuhi kebutuhan keluarganya. Apalagi mereka telah memiliki banyak pengalaman terbaik yang mereka tawarkan pada perusahaan. Jika kamu menemukan kandidat manajer yang berbakat, buatlah tawaran yang bagus. Ini akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan dalam jangka panjang.

6. Gali pengalaman calon manajer
Ajukan pertanyaan tentang bagaimana kandidat menangani situasi sulit pada organisasi yang pernah dipimpinnya dan dengarkan baik-baik jawabannya. Kamu bisa mempelajari banyak hal dalam tanggapannya.

7. Percayai insting kamu
Jika kandidat terlihat bagus di atas kertas tetapi ada sesuatu yang memberi tahumu bahwa itu tidak benar, jangan melanjutkan tanpa investigasi lebih lanjut. Kamu bisa mengundang kandidat kembali untuk putaran wawancara lain atau meminta referensi.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply