Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, January 22, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Apa sih Pentingnya Manajemen Media Sosial?

Sumber foto: Lyketil.comSumber foto: Lyketil.com

Topcareer.id – Media sosial membantu banyak jenis bisnis untuk berkembang. Seorang manajer media sosial akan memanfaatkan popularitas platform media sosial yang kini semakin tren dengan membuat akun sosmed, mengawasinya, branding produk atau layanan, dan kampanye pemasaran.

Brand awareness sangat penting untuk bisnis apa pun, dari perusahaan bernilai jutaan dolar dengan anggaran iklan yang luas hingga pemilik bisnis kecil dengan dana terbatas.

Pelanggan harus tahu apa yang disediakan oleh pemilik bisnis sebelum memanfaatkan barang dan jasa itu.

Dikutip dari degree.astate.edu, media sosial di mata milenial merupakan media baru untuk mempelajari banyak hal tentang bisnis.

Mengingat tingginya persentase orang yang menemukan brand baru, dan menjadi loyal pada brand tersebut melalui platform elektronik, manajemen media sosial sangat penting bagi kelangsungan bisnis.

Baca juga: Begini Cara Efektif Beriklan di Sosial Media

Meskipun beberapa perusahaan mendistribusikan aktivitas media sosial mereka di beberapa departemen, seorang manajer media sosial tetap memiliki nilai paling besar. Manajer media sosial biasanya menangani hal-hal berikut:

  • Membuat konten
    Loyalitas pada suatu brand tidak terjadi secara ajaib. Semua melibatkan teks dan visual yang memiliki dampak tinggi dalam menarik pelanggan dan ‘berdiskusi’ akan kebutuhan mereka. Manajer media sosial mengembangkan dan menjalankan kampanye konten media sosial untuk memenuhi tugas-tugas ini.
  • Menetapkan brand
    Agar efektif, konten branding harus dibuat khusus untuk setiap platform, sambil mempertahankan konsistensi pesan dan desain.
  • Mengelola komunitas online
    Bisnis yang hadir pada media sosial bisa menarik komunitas online. Orang atau komunitas yang menyukai atau mengikuti suatu produk kemungkinan merupakan kandidat untuk loyalitas brand. Komunikasi yang dilakukan oleh manajer media sosial ditargetkan bisa menjangkau lebih banyak anggota masyarakat yang potensial.
  • Search Engine Optimization (SEO)
    Manajer media sosial yang sukses memastikan bahwa konten perusahaan terlihat dan mudah ditemukan di mesin pencari. Ini bagian penting dari media sosial untuk perusahaan. Manajer media sosial umumnya memahami metode SEO.

Baca juga: Ingin Jadi Influencer? Ada Pendidikannya Lho

Kesimpulannya, manajemen media sosial sangat penting bagi yang ingin produk atau layanannya semakin luas dikenal orang.

Kedepannya, media sosial akan terus berkembang. Platform media sosial bisa menjadi ramai pada suatu hari dan hilang di hari berikutnya.

Seorang manajer media sosial yang memahami hal ini dapat mengantisipasi titik balik ini dengan memperkirakan dan bersiap menjemput tren baru. Kemampuan ini sangat berguna untuk menyelamatkan brandnya dari keterpurukan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply