TopCareerID

7 Destinasi Terbaik untuk Menikmati Fenomena Aurora

Sumber foto: thriftynomads

Sumber foto: thriftynomads

Topcareer.id – Northern Lights adalah salah satu fenomena pemandangan alam artistik paling megah di dunia. Fenomena ini biasa disebut Aurora Borealis, yang terjadi ketika pancaran partikel matahari bertabrakan dengan gas atmosfer.

Di mana kamu bisa melihatnya? Northern lights bisa ditemukan di “zona aurora” di belahan bumi utara. Area 2.000-3.000 km dari kutub magnet, atau pada garis lintang 66 hingga 69 derajat utara. Semakin dekat ke wilayah ini, semakin baik peluang untuk melihat aurora.

Mengutip thriftynomads.com, Senin (02/12/2019), untuk mengisi liburan akhir tahun yang bertepatan dengan musim dingin di negara-negara Eropa dan Amerika, inilah tempat terbaik untuk melihat Aurora Borealis.

Alaska, AS
Alaska merupakan tempat terbaik di dunia untuk melihat aurora. Cuaca dingin, langit cerah, dan malam gelap membuat penampakan aurora optimal. Hampir semua tempat di Alaska sangat bagus untuk melihat aurora, dan musim dingin jadi waktu ideal untuk melihatnya.

Kamu bisa berkemah, berkendara, atau melihat aurora dari pondok yang nyaman dan hangat. Penerbangan juga jadi cara populer lainnya untuk menyaksikan keajaiban Northern Lights dari udara. Tur tamasya aurora unik lainnya termasuk naik kereta anjing dan wisata fotografi.

Baca juga: Berapa Anggaran yang Tepat untuk Traveling?

Kanada Utara
Kanada Utara adalah suguhan bagi mereka yang mencari hutan belantara asli dan terpencil. Wilayah paling utara dan Yukon menjadi beberapa hotspot aurora terbesar di dunia.

Aurora bisa ditemui di sini mulai Agustus hingga pertengahan April. Di Yellowknife, ada tur di mana staf mengawasi aurora semalaman dan membantu pengambilan foto.

Islandia
Bentang alam vulkanik, mata air panas bumi, dan air terjun yang megah hanyalah sepotong daya pikat Islandia. Di sini aurora bisa terlihat dari kenyamanan sumber air panas, atau ketenangan campervan pribadi di hutan belantara.

Di Islandia, aurora bisa dinikmati sejak awal September hingga akhir April. Di pusat kota Reykjavik, kamu bahkan bisa menyaksikan aurora dari kenyamanan Blue Lagoon yang terkenal.

Norwegia
Negara ini mudah untuk didatangi dan dikelilingi. Pilihan spot aurora juga beragam seperti Svalbard, Tromso, Kepulauan Lofoten, Harstad, Bodo, Alta, Andoya, dan Lakselv.

Waktu terbaik menemukan aurora mulai Oktober hingga Maret. Norwegia memiliki tur berlimpah selain aurora, mulai dari naik kereta luncur rusa, menonton ikan paus, hingga menikmati kapal pesiar di malam hari dan melakukan penerbangan pribadi.

Finlandia
Di bagian utara Finlandia, aurora menampakkan diri hampir setiap malam dari September hingga Maret, menjadikan ini pilihan tempat menyaksikan aurora yang optimal. Tetapi berhati-hatilah, suhu bisa menjadi sangat dingin. Menginaplah di igloo kaca yang dibuat khusus untuk memungkinkan melihat aurora secara langsung dari kenyamanan tempat tidur yang hangat.

Baca juga: Yuk, Traveling Sambil Tetap Jaga Kelestarian Lingkungan

Rusia
Sebagian besar Rusia terletak di dalam Lingkaran Arktik, menjadikan benua besar ini tambang emas untuk spot aurora. Semenanjung Kola adalah lokasi utama, dengan kota Murmansk sebagai basis yang dapat diakses.

Banyak juga daerah ramah turis yang bisa diakses dari St. Petersburg termasuk Murmansk, Arkhangelsk, Petrozavodsk. Desember dan Januari adalah bulan yang tepat untuk mengejar aurora karena tidak adanya matahari selama 6 minggu di beberapa daerah utara.

Swedia
Tujuan lain yang terkenal adalah Swedia. Berkat efek dari Gulf Stream, suhu di sini lebih ringan dibandingkan daerah aurora populer lainnya seperti Kanada dan Rusia. Swedia juga mudah diakses oleh penerbangan di seluruh Eropa.

Setelah kamu menjauh dari lampu kota, sebagian besar wilayah Swedia optimal untuk menyaksikan aurora. Beberapa tempat terbaik yang bisa kamu pertimbangkan adalah Abisko, Tärendö, Jukkasjärvi, dan Taman Nasional Farnebofjarden (hanya 140 km dari Stockholm).

September hingga akhir Maret bisa jadi waktu terbaik untuk mengejar aurora di Swedia. Disediakan beberapa tur murah yang fokus pada aurora.

Editor: Feby Ferdian

Exit mobile version