Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cuaca Ekstrem Bikin Sakit Tenggorokan, Begini Mengatasinya

Sumber foto: Mom Loves BestSumber foto: Mom Loves Best

Topcareer.id – Radang tenggorokan sangatlah mengganggu. Terutama jika disertai dengan gejala flu atau virus yang lebih serius. Ini bisa sangat menyengsarakan.

Dikutip dari healthline.com, Jumat (13/12/2019), kamu bisa mengobati sakit tenggorokan secara mandiri dengan cara-cara sebagai berikut:

  • Berkumur dengan air garam
    Garam membantu meredakan rasa tidak nyaman pada tenggorokan yang meradang. Gabungkan 1/4 hingga 1/2 sendok teh garam meja dengan 4 hingga 8 ons air hangat. Aduk sampai larut kemudian berkumurlah selama beberapa detik dan keluarkan. Ulangi beberapa kali setiap hari.
  • Mengisap permen
    Beberapa tablet hisap untuk tenggorokan yang dijual bebas mengandung mentol, bahan yang dapat dengan lembut mematikan jaringan radang di tenggorokan kamu. Permen mentol meningkatkan produksi air liur dan membantu melumasi tenggorokanmu.
  • Coba pereda nyeri
    Virus penyebab radang tenggorokan tidak dapat diobati dengan antibiotik yang hanya membunuh bakteri. Obat antiinflamasi nonsteroid OTC (NSAID) seperti ibuprofen (Advil, Motrin IB) atau naproxen (Aleve) dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan di tenggorokanmu.
  • Madu
    Teh hangat yang dimaniskan dengan madu bisa membantu menenangkan tenggorokan yang teriritasi. Teh juga membuatmu tetap terhidrasi, yang merupakan langkah penting lainnya dalam mengobati sakit tenggorokan. Pilihlah teh hijau yang berfungsi sebagai antibakteri, pereda nyeri, dan sumber antioksidan yang kaya, serta membantu mengurangi peradangan.
  • Banyak minum air mineral
    Saat kamu mengalami dehidrasi, tubuh tidak bisa memproduksi air liur dan lendir yang cukup untuk menjaga agar tenggorokan tetap terlumasi secara alami. Ini akan membuat pembengkakan dan peradangan bertambah buruk. Hindari kafein dan alkohol, yang dapat membuat tenggorokan lebih kering. Air mineral lebih baik.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply