Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, July 16, 2020
redaksi@topcareer.id
Profesional

Employee Of The Month, Perlukah?

Sumber foto: Turtle MediaSumber foto: Turtle Media

Topcareer.id – Employee of the month adalah pengakuan yang diberikan kepada karyawan yang berprestasi. Bisa dalam bentuk hadiah atau sertifikat dengan catatan Terima kasih.

Beberapa perusahaan sudah banyak menggunakan metode pengakuan ini, bahkan sebagian memiliki wall of fame yang memuat foto beserta nama peraihnya.

Melansir content.wisestep.com, Senin (16/12/2019), pengakuan employee of the month memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk, cek satu persatu.

Kelebihan Employee Of The Month

  • Persaingan sehat
    Penghargaan untuk employee of the month akan membuat karyawan berusaha keras untuk melakukan tugas yang ditugaskan dengan cara terbaik.
  • Retensi karyawan
    Pengakuan employee of the month membantu mempertahankan karyawan. Ketika kerja keras dihargai, karyawan akan bahagia dan tidak ingin meninggalkan tempat kerja.
  • Keterlibatan karyawan
    Keterlibatan karyawan menimbulkan rasa memiliki. Seorang karyawan yang terlibat akan melihat tujuan dan visi perusahaan sebagai miliknya. Ia akan berupaya meningkatkan reputasi dan selalu antusias terhadap pekerjaannya.
  • Produktivitas optimal
    Employee of the month bisa meningkatkan produktivitas karyawan. Karyawan yang bahagia akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dengan produktivitasnya yang meningkat.

Kekurangan Employee Of The Month:

  • Membuat satu orang bahagia dan mungkin sisanya tidak bahagia
    Sebagai sebuah perusahaan, semua karyawan merupakan aset. Penghargaan employee of the month yang hanya diberikan untuk satu orang karyawan akan menyebabkan perselisihan dan saling memendam perasaan buruk.
  • Penyebab perselisihan internal dalam organisasi
    Seleksi employee of the month seringkali subyektif. Orang dengan hasil kerja biasa-biasa saja namun dekat dengan pengambil keputusan bisa saja mendapat penghargaan. Sedangkan orang yang hebat dan kreatif bisa gagal mendapat penghargaan dengan banyak alasan yang dibuat-buat.
  • Fokusnya hanya keuntungan
    Karyawan harus fokus pada pekerjaan serta pertumbuhan perusahaan secara keseluruhan. Ketika ada penghargaan, karyawan bisa mengabaikan tugas-tugas lain yang diperlukan demi fokus meraihnya.

Editor: Feby Ferdian

the authorRino Prasetyo

Leave a Reply