Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Sunday, January 19, 2020
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

7 Makanan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Ilustrasi. (dok. Healthline)

Topcareer.id – Penderita diabetes dapat mengatur kadar gula darahnya dengan membuat pilihan makanan yang bermanfaat. Hidup dengan diabetes tidak harus berarti merasa kehilangan. Orang-orang bisa belajar menyeimbangkan makanan dan membuat pilihan makanan sehat.

Bagi penderita diabetes sebaiknya memasukkan tidak lebih dari seperempat piring karbohidrat bertepung dalam satu kali makan. Penting untuk memantau jumlah total karbohidrat dalam makanan.

Dikutip dari Medicalnewstoday.com, Rabu (18/12/2019) berikut ini beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk diabetes.

1.Sayuran berdaun hijau
Sayuran berdaun hijau dikemas penuh dengan vitamin, mineral, dan nutrisi penting. Mereka juga memiliki dampak minimal pada kadar gula darah. Sayuran hijau termasuk bayam dan kangkung, adalah sumber nabati kunci, vitamin A, dan kalsium. Mereka juga menyediakan protein dan serat.

2. Biji-bijian utuh
Mengandung kadar serat yang tinggi dan lebih banyak nutrisi daripada biji-bijian putih olahan. Makan diet tinggi serat penting bagi penderita diabetes karena serat memperlambat proses pencernaan. Penyerapan nutrisi yang lebih lambat membantu menjaga kadar gula darah stabil. Gandum utuh dan biji-bijian lebih rendah pada skala indeks glikemik (GI) daripada roti putih dan nasi.

3. Ikan berlemak
Ikan berlemak adalah tambahan sehat untuk diet apa pun. Ikan berlemak mengandung asam lemak omega-3 penting yang disebut asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA). Daripada ikan digoreng menjadi mengandung lemak jenuh dan trans, sebaiknya coba ikan bakar dan padukan dengan campuran sayuran untuk pilihan makanan sehat.

4. Kacang
Kacang merupakan sumber protein nabati, dan kacang bisa memuaskan nafsu makan sambil membantu orang mengurangi asupan karbohidrat mereka. Kacang juga bisa membantu orang mengelola kadar gula darahnya. Mereka adalah karbohidrat kompleks, jadi tubuh mencerna mereka lebih lambat daripada karbohidrat lainnya.

5. Buah jeruk
Penelitian telah menunjukkan bahwa buah jeruk, seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon, memiliki efek antidiabetes. Makan buah jeruk adalah cara yang bagus untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari buah tanpa karbohidrat. Beberapa peneliti percaya bahwa dua antioksidan bioflavonoid, yang disebut hesperidin dan naringin, bertanggung jawab atas efek antidiabetik jeruk.

6. Buah berry
Buah berry penuh dengan antioksidan, yang dapat membantu mencegah stres oksidatif. Studi telah menemukan tingkat kronis stres oksidatif pada penderita diabetes. Stres oksidatif terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara antioksidan dan molekul tidak stabil yang disebut radikal bebas dalam tubuh. Blueberry, blackberry, strawberry, dan raspberry semuanya mengandung antioksidan dan serat tingkat tinggi.

7. Ubi jalar
Ubi jalar memiliki indeks glukosa lebih rendah daripada kentang. Ini membuat mereka menjadi alternatif yang bagus untuk penderita diabetes, karena mereka melepaskan gula lebih lambat dan tidak meningkatkan gula darah sebanyak itu.

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply