Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Kamis, Oktober 21, 2021
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Berapa Kali Gosok Gigi dalam Sehari untuk Hindari Risiko Gagal Jantung?

Topacareer.id – Kesehatan gigi dan mulut, tak bisa diremehkan karena pengaruhi kesehatan organ tubuh lainnya. Menyikat gigi, jadi salah satu cara terbaik agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga.

Telah ditetapkan oleh penelitian 2010 oleh bahwa kesehatan mulut yang lemah dapat menyebabkan bakteri gusi keluar dari mulut dan menembus aliran darah, meningkatkan risiko pembekuan darah dan serangan jantung.

Tetapi penelitian ini, yang diterbitkan dalam European Journal of Preventative Cardiology, menemukan bahwa jika kamu tetap pada rutinitas menjaga kebersihan mulut, maka ada kaitannya dengan risiko yang lebih rendah dari kedua fibrilasi atrium (AFib) ( detak jantung tidak teratur) dan gagal jantung.

Baca juga: Kerja Fleksibel Diprediksi Bikin Ekonomi Global Naik

Para peneliti di Ewha Woman’s University mengambil penelitian sebelumnya ini selangkah lebih maju dan berpendapat bahwa peradangan menjadi penyebab yang menciptakan risiko detak jantung tidak teratur (AFib) dan gagal jantung.

Hasil studi

Mencari untuk membuktikan atau menyangkal tesis mereka, para peneliti menggunakan data yang sudah dikumpulkan pada 161.286 orang Korea. Hanya pendaftar yang berusia antara 40-79 tahun tanpa riwayat AFib atau gagal jantung yang dimasukkan dalam penelitian.

“Kami mempelajari kelompok besar dalam jangka waktu lama, yang menambah kekuatan pada temuan kami,” komentar penulis senior Dr. Tae-Jin Song, dalam rilisnya di laman The Ladders.

Selama masa tindak lanjut rata-rata 10 setengah tahun, 3% (4.911) dari peserta mendaftar mengembangkan AFib dan 4.9% (7.971) mengalami bentuk gagal jantung.

Apa bedanya?

Para penulis penelitian menemukan bahwa partisipan yang menyikat gigi tiga kali sehari dikaitkan dengan 10% pengurangan risiko pengembangan AFib, dan risiko gagal jantung 12% lebih rendah. (Temuan ini tetap stabil bahkan saat mengendalikan usia, jenis kelamin, kekayaan, berat badan, konsumsi alkohol, IMT, dan seberapa banyak mereka berolahraga.)

Oleh karena itu, para peneliti dapat membuat hubungan yang sering dan konsisten menyikat gigi dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah dari atrial fibrilasi (AFib) dan gagal jantung. Namun, masih banyak penelitian yang diperlukan. *

Tinggalkan Balasan